Sejumlah Daerah Ingin Melanjutkan Kurikulum 2013

Pasca ditetapkannya keputusan Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan tentang pemberhentian kurikulum 2013, sejumlah daerah ingin tetap menerapkan kurikulum tersebut. Beberapa daerah tersebut diantaranya adalah Jawa Timur, Jawa Barat dan beberapa daerah lainnya.

Di Jawa Barat, beberapa daerah berkomitmen untuk melanjutnya pelaksanaan kurikulum 2013. Mereka secara bersama-sama akan mengajukan surat permohonan kepada Menteri Anies agar diijinkan melaksanakan kurikulum 2013.

Bagi sekolah yang ingin melanjutkan kurikulum 2013, mereka beralasan bahwa kurikulum tersebut sangat cocok diterapkan karena dapat menggali kreatifitas dan daya fikir siswa. Kurikulum 2013 lebih menekankan kepada aktifitas siswa di kelas dan menantang siswa untuk aktif mencari sendiri jawaban atas persoalan yang dimunculkan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Menteri Anies mengeluarkan keputusan tentang kurikulum 2013 antara lain bagi sekolah yang telah melaksanakan kurikulum 2013 selama 3 semester dipersilahkan untuk melanjutkan pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolahnya, sedangkan sekolah yang baru menerapkan kurikulum 2013 satu semester maka disemester genap tahun ajaran 2014/2015 diharuskan kembali menerapkan kurikulum KTSP 2006.

Bagi guru sendiri, pemberhentian pelaksanaan kurikulum 2013 disikapi secara terbelah. Sebagian menanggapi dengan gembira. Mereka beralasan kurikulum 2013 belum sempurna, terutama masalah penilaiannya yang sangat rumit  dan membebani guru. Sebagian lagi menyesalkan dihentikannya kurikulum 2013 karena mereka sudah merasa nyaman melaksanakan kurikulum tersebut.

Belum diketahui nasib daerah yang ingin melanjutkan kurikulm 2013 tersebut, apakah dijinkan atau tidak oleh Menteri Anies. Namun bagi guru mau dilanjutkan atau tidak yang terpenting alasannya harus logis dan bukan karena alasan politis.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar