Mencoba Ganti Oli Motor Sendiri di Rumah


Bagi anda yang tak mau ribet mengganti oli motor  di bengkel resmi, karena biasanya pada bulan puasa apalagi menjelang lebaran, antrian di bengkel sangat banyak, bisa melakukan penggantian  oli motor sendiri di rumah. Bagi yang terbiasa mengganti oli sendiri bukan sesuatu yang mudah, tapi yang tidak terbiasa tentu menjadi sesuatu yang sulit.

Bagi yang belum mencoba dan mau mencoba sendiri ada baiknya untuk membaca dulu tip di bawah ini. Pembahasan ini berdasarkan pengalaman sendiri dan juga hasil googling di internet tentang tata melakukan ganti oli sendiri di rumah..

Pertama harus buka baut oli di bawah dengan kunci ring 14, Perlu diperhatikan jangan membuka baut bawah ketika mesin masih panas, apabila dipaksa ketika panas dikhawatirkan baut selek. Jadi tunggu dulu mesin sampai dingin dulu.

Perhatikan juga putaran ketika membuka baut pembuangan oli mesin. Kalau normalnya membuka baut itu ke arah kiri, maka membuka baut pembungan oli harus ke arah kanan, karena posisi baut menghadap ke bawah.

Untuk mengurasnya pun tidak disarankan menggunakan penyemprot udara, seperti kompressor. Soalnya kompressor itu mengandung air. Jadi setelah baut dibuka, biarkan mesin beberapa saat sampai tetesan terakhir. Guncang-guncang motor atau injak pedal kickstater beberapa kali dengan kondisi mesin mati. Biarkan sepuluh menit atau lebih untuk selanjuttnya diisi kembali oli yang baru. ( Saya biasanya menguras oli dilakukan malam hari dan  didiamkan  sampai pagi, dan pagi-pagi baru diisi oli baru).

Memang, tanpa menggunakan kompressor, oli bekas tidak akan turun semuanya. Akan ada oli yang tersisa. Hal itu dianggap wajar dan tidak akan menjadi masalah. Walaupun ada sisa sedikit tidak apa-apa. Karena memang tidak semuanya akan turun. Pasti ada sisa-sisanya, masih nempel-nempel. Karena logam mesin tidak padat banget. Kadang ada di pori-porinya.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar