Contoh Soal Uji kompetensi Guru

Berdasarkan informasi yang dirilis di website Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan , pada bulan Nopember Tahun 2015 akan diselenggaran Uji Kompetensi guru. Uji Kompetensi ini harus diikuti oleh semua guru baik guru PNS maupun Guru honorer dengan syarat telah memiliki NUPTK. Uji kompetensi ini bertujuan untuk memetakan kompetensi guru dan melihat gambaran objektif guru serta merupakan sumber informasi penting bagi pemerintah untuk menentukan kebijakan yang menyangkut materi dan struktur pembinaan yang dibutuhkan guru.

Hasil UKG tahun 2015 ini akan diintegrasikan dengan program Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sebagaimana diamanatkan dalam Permenpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009 sebagai persyaratan kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru. Pengembangan keprofesian berkelanjutan dikoordinasikan oleh PPPPTK berdasarkan identifikasi peta kompetensi guru yang diketahui dari hasil UKG . UKG ini akan menjadi agenda rutin bagi guru untuk mengetahui level kompetensi guru sebagai bahan pertimbangan kegiatan peningkatan profesi guru. Dengan demikian, guru nantinya diharapkan tidak resisten terhadap UKG dan akan menjadi terbiasa selalu ingin mengetahui level kompetensi melalui UKG dan senantiasa menginginkan kompetensinya untuk diukur secara berkala.

Uji kompetensi ini sesungguhnya bukan hal yang baru. Pada tahun 2012 kemendikbud melalui BPSDMPK PMP telah melaksanakan uji kompetensi guru secara online terhadap guru yang telah bersertifikat pendidik dan juga bagi guru yang akan mengikuti PLPG tahun 2012, 2013,2014 dan 2015.

Untuk melihat informasi mengenai Uji Kompetensi Guru, dapat dilihat di info GTk yang beralamat di  http://223.27.144.195:8081/  , http://223.27.144.195:8084/ . Bila anda kemudian mendapat tampilan laman seperti di bawah, klik saja beranda dan anda akan masuk ke laman Info GTK.
Sebagai persiapan dalam mengikuti uji kompetensi guru dan meskipun waktunya masih lama, tapi tak ada salahnya bila kita mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Bagaimanapun tak ada jalan bagi kita kecuali mengikuti apa yang telah digariskan oleh pemerintah seraya berusaha semaksimal mungkin.

Soal UKG yang dilaksanakan  tahun 2014

Bagi rekan yang membutuhkan soal-soal UKG tahun 2012 sebagai bahan untuk belajar mempersipakan diri mengikuti UKG secara lengkap dapat di download  di sini . Selain itu ada beberapa link untuk mendapat soal-soal latihan UKG yang berasal dari sumber lain.

1. Soal latihan UKG yang dipublikasikan oleh Kurnia Septa : http://www.mediafire.com/view/?mecb2t465gtvnct

2. Soal latihan UKG yang dipublkasikan oleh Sitti Nahria Saidvia :
https://id.scribd.com/doc/237068990/Kunci-Dan-Soal-Ukg-Sd-Plpg-Guru-Sd-2014


Referensi: http://www.harianterbit.com/hanteriptek/read/2015/08/08/37614/22/22/Kemendikbud-Uji-Kompetensi-38-Juta-Guru-Tahun-Ini

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar