Lupa Kata Kunci Untuk Masuk ke Situs e-PUPNS

Ketika nanti Tanda bukti Pendaftaran telah diverifikasi dan disetujui BKD maka saatnya kita untuk memulai masuk ke situs e-PUPNS untuk memperbaharui data kepegawaian kita. Untuk masuk ke situs e-PUPNS maka kita harus memasukan nomor registrasi dan kata kunci. Ada baiknya saat kita melakukan registrasi kita menulis kata kunci yang dimasukan karena sebagai manusia kita kadangkala terkena penyakit lupa. Nah, bagaimana kalau kita lupa kata kunci untuk masuk ke e-PUPNS? ..Tak perlu khawatir, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini;

1. Masuk ke http://pupns.bkn.go.id/
2. Klik `Register`
3. Klik `Masuk`
4. Klik `Lupa Kata Kunci`, kemudian isikan NIP baru 18 digit dan nomor registrasi. Klik lanjut


5. Isikan jawaban pertanyaan rahasia sesuai jawaban dulu ketika registrasi. Klik ok
6. Akan tampil form untuk mengganti kata kunci. Isikan kata kunci dan konfirmasi kata kunci baru anda (sebaiknya catat kata kunci baru tersebut agar kalau lupa tinggal melihat catatan)

7.Maka akan ditampilkan konfirmasi bahwa kata kunci telah diganti. Klik login untuk login (masuk) ke e-PUPNS. Masukan no registrasi dan kata kunci baru.
8. Selamat, anda sudah bisa masuk ke e-PUPNS. Silahkan perbaharui data kepegawaian anda. Centang tanda (v) bila data anda yang sudah benar dan perbaiki data yang belum benar dengan mengklik tanda (x).




    Choose :
  • OR
  • To comment
16 comments:
Write komentar
  1. Kalau salah memasukkan alamat email saat register itu. cara ganti dengan email yang baru gimana ya ?

    ReplyDelete
  2. Saat ini belum ada cara untuk mengedit atau mengganti alamat email di pupns. Beberapa waktu yang lalu saya coba bertanya lewat email ke helpdesk pupns, tapi blm ada jawaban. Jadi untuk sementara, tunggu saja barangkali nanti pengelola pupns menambah fasilitas edit email di situs pupns.

    ReplyDelete
  3. terimakasih mas

    tanya lagi ni

    kira2 apakah pengisian email yang salah ini mempengaruhi keterlambatan verifikasi pendaftaran saya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kira tidak akan berpengauh pada proses verifikasi. Berdasarkan pengalaman yang terjadi di Dapodik ( Data Pokok pendidik, aplikasi yang dikelola Depdikbud untuk dunia pendidikan) email yang didaftarkan Guru di dapodik itu sama sekali tak digunakan. Ini juga sepertinya akan seperti itu, Tapi saya sarankan sih anda agar mengirimkan email ke helpdesk pupns mengadukan masalah ini agar nanti pihak pengeelola pupns menambah fitur untuk mengedit Email ( maksud saya, kalau banyak pengaduan soal email ini mudah2an pengelola pupns cepat merespon)

      Delete
    2. ok...
      sekali lagi thanks banget mas atas info dan masukannya...

      Salam

      Delete
    3. ok...
      sekali lagi thanks banget mas atas info dan masukannya...

      Salam

      Delete
  4. Klo cara merubah data pribadi yang belum lengkap tapi sudah terkirim sedangkan data yang sudah dikirim tidak bisa dirubah..
    Klo itu gmna cara merubahnya ? Minta tolong masukannya mas . trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kok bisa mas data belum lengkap sudah dikirim? ..........................
      Jujur saja saya sendiri belum tahu solusinya, karena memang dalam buku petunjuk disebutkan bahwa data yang sudah terkirim tidak bisa diubah. Satu-satunya cara adalah mengadukan masalah ini ke heldesk pupns bisa lewat email ke : satgaspupns2015@gmail.com atau telpon langsung ke nomor 021-8093008. Ini mungkin bisa jadi masukan kepada rekan yang lain, dalam pengisian pupns, sebaiknya kalau data belum semua dilihat dan diperbaiki kekurangannya jangan dulu klik tombol kirim. Klik saja dulu tombol simpan. Kalau sudah merasa yakin bahwa semua data sudah benar, baru data dikirim.

      Delete
  5. cara mengisi data yang belum lengkap bagaimana..saya sdh pilih tanda (x) dan isi data trs pilih (v)tp tdk bs..trs utk data yg sdh benar saya pilih (v) tp tnda x blm hilang.mhn bntuanny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa bagaimana ya? Kalau data salah atau belum lengkap klik tanda x dan akan keluar kotak isian perbaikan di sebelah kanan. Isi sesuai data yang benar. Kalau sudah klik simpan. Data di sebelah kiri memang tidak akan otomatis berubah . Jadi biarkan saja seperti itu. Terus masalah tanda x yang tidak hilang juga biarkan saja karena memang tak akan hilang. Nanti kalau sudah selesai semua data diperbaiki kita hRus mengirimkan perubahan ke pupns dengan mengklik tmbl kirim di atas kanan. Setelah dikirim, oleh pihak pupns diperiksa kebenarannya, kalau disetujui baru nanti data kita berubah. Tapi harus ingat jangan dulu mengirim data perubahan kalau semua formulir belum diisi atau diperbaiki.

      Delete
  6. kasihan sekali, pns dituntut untuk segera mendaftar ulang, jika tidak akan di diberhentikan.
    tapi faktanya mereka saja TIDAK SIAP dengan aplikasinya.
    00000000000hhhhhhhhhhhhhhhhh..........................

    ReplyDelete
  7. kata kunci untuk login dapatnya dimana

    ReplyDelete
  8. kata kunci untuk login ke e pupns dapatnyya dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata Kunci didapat ketika pendaftaran. Sudah daftar belum? kan ketika daftar kita disuruh memasukan kata kunci. kata kunci itulah yang dipakai untuk login ke e-pupns

      Delete
  9. SLamat pagi min...thanks yaa untk infonya...aku mau tnya ni..ktanya kalau kata kunci dirubah berarti berpengaruh pada data gitu, benar gak ya?? Soalx setau sya sich tidak berpengaruh sama sekali pada datanya kita. Mohon info yaa,,,thanks,\

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sependapat dengan anda . Secara logika tak ada hubungan kata kunci dengan data. Pengelola situs pun tak akan memberikan menu ini bila memang ada pengaruh pada data, atau setidaknya kalaupun ada pasti akan memberikan warning............dan menu mengubah kata kunci bukan pertama kita temui di e-pupns. Di FB, Gmail. Yahoo dll fasilitas ini ada. Selama ini meski kata kunci diubah tak masalah.

      Delete