Mengganti Alamat Email, No HP dan Telepon di PUPNS

Ada banyak pertanyaan baik di dunia nyata maupun dunia maya tentang tata cara mengganti atau mengubah alamat email, karena ketika mendaftar banyak yang lupa mengisi alamat email atau mendaftarkan alamat email yang salah atau tidak aktif . Sebelum bisa login ke e-pupns saya tidak bisa memberikan jawaban karena memang tak ada menu itu di halaman pendaftaran. untuk mengubah email.

Setelah `Tanda Bukti Pendaftaran` milik saya diverifikasi oleh yang berwenang dan bisa login ke sistem pupns, ternyata menu edit Email, no HP/Telepon itu ada. Jadi bagi yang sudah terlanjur mendaftarkan alamat email yang salah biarkan saja dulu. Yang terpenting pendaftarannya berhasil dan kita bisa mencetak`Tanda Bukti Pendaftaran ` dan secepatnya menyerahkan tanda bukti tersebut ke verifikator agar pendaftaran kita disetujui.

Setelah tanda bukti pendaftaran diverifikasi dan disetujui oleh verifikator, barulah kita masuk ke sistem e-pupns untuk mengganti alamat email yang salah dan juga yang terpenting mengisi e-formulir PNS yang ada di sistem.

Adapun tata cara penggantian alamat email, no HP atau Telepon di e-pupns adalah sebagai berikut

  1. Masuk http://pupns.bkn.go.id/  kemudian klik login di deret menu sebelah kanan atas. 
  2. Masukan Kode Registrasi yang didapat pada waktu pendaftaran. Masukan pula kata kuncinya. Klik Login
  3. Apabila login berhasil, maka kita akan masuk ke sistem e-pupns. Di sana kita akan disuguhi formulir isian e-pupns yang harus di cek dan diperbaiki bila ada kesalahan dan diisi bila data masih kosong. 
  4. Lihat di sudut kanan atas. Disana terdapat tiga menu yaitu Edit , Kirim dan Log Out. Klik tanda panah yang ada di samping gambar orang dan hati-hati jangan sampai mengkilk tombol kirim . Akan tampil sub menu Ganti No Telp, Ganti No HP dan Ganti email. Klik sub menu sesuai kebutuhan anda dan ganti isinya dengan data yang sesuai.5. Setelah selesai mengganti alamat email, No Hp atau telepon tinggalah kita mengisi formulie e-PUPNS. Isilah formulir sesuai bukti fisik yang ada dan jangan tergesa-gesa untuk mengirimkan formulir e-pupns bila belum mengecek ulang formulir isian. Jangan lupa klik tombol simpan di sebelah kiri bawah setiap selesai mengisi data. Bila merasa belum yakin atau masih ada data yang belum terisi karena bukti fisiknya belum ada klik saja log out. Pengisian data dan mengirim data bisa dilakukan di lain waktu.  

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar