Sahabat guru, berikut ini adalah soal -soal latihan untuk persiapan uji kompetensi guru. Soal-soal ini merupakan arsip soal dari UKA(Uji Kompetensi Awal) PLPG tahun 12 untuk Guru Kelas SD. Meskipun sudah agak lama tapi materinya masih relevan dengan kisi-kisi soal UKG tahun 2015 yang dikeluarkan oleh Dirjen Guru Depdiknas.
1. Pada umumnya cerita rakyat berisi pesan moral,
termasuk cerita "Malin- Kundang"! Cerita rakyat ini mengisahkan Malin
Kundang yang semula sebagai nelayan miskin. Untuk memperbaiki kehidupannya,
Malin Kundang merantau" dan ia sukses menjadi padagang yang kaya raya.
Setelah menikah, ia memutuskan untuk kerribali ke kampung halamannya. Di
pelabuhan, ia disambut oleh sorang wanita tua berbaju kotor dan lusuh, yaitu
ibunya. Akan tetapi, ia mengusir dan mengingkari bahwa wanita itu ibunya karena
malu dengan istrinya. Ibunya sangat marah dan mengutuk Malin Kundang, "Oh
Tuhan, kalau benar ia ariakku, aku sumpahi dia menjadi sebuah batu".Tfdak
berapa lama tubuh Malin Kundang perlahan menjadi kaku dan lamakelamaan akhirnya
berbentuk menjadi :sebuah batu karang. Sampai saat ini Batu Malin Kundang masih
dapat dilihat di sebuah pantai bernama pantai Air Manis, di selatan Kota
Padang, Sumatera Barat.
Pesan moral
dalamb cerita"Malin Kundang" adalah ..
A. Anjuran
untuk berbakti kepada orang tua.
B. Anjuran untuk patuh kepada orang tua.
C. Nasihat untuk menghormati orang tua.
D. Nasihat untuk tidak durhaka kepada orang tua.
B. Anjuran untuk patuh kepada orang tua.
C. Nasihat untuk menghormati orang tua.
D. Nasihat untuk tidak durhaka kepada orang tua.
2.
Perhatikan
penggalan puisi berikut.
Ah,
apa guna kusesalkan
Menyesal tua tiada berguna
Hanya
menambah luka sukma
Kepada
yang muda kuharapkan
Atur
barisan di pagi hari
Menuju
padang bakti
Penggalan
pusi di atas memuat pesan-pesan sebagai berikut, kecuali...
A.
Orang muda
harus siap menghadapi kehidupan masa depan.
B.
Menyesal pada masa tua hanya semakin menyakitkan.
C.
Orang tua
harus terus berjuang di padang bakti.
D. Tidak ada gunanya menyesal pada hari
tua.
3.
Ada lima
jenis wacana atau karangan dalam bahasa Indonesia yaitu narasi, deskripsi,
eksposisi, -argumentasi, dan persuasi. Masing-masing jenis wacana mempunyai
karakteristik dan kegunaan yang berbeda. Perbedaan antara narasi dandeskripsi
adalah sebagai berikut, kecuali... .
A.
Narasi
merupakan bacaan yang berisi penjelasan, sedangkan deskripsi berisi
•penceritaan.
B. Narasi
memuat urutan rangkaian peristiwa, sedangkan deskripsi memuat gambaran suatu peristiwa.
C.
Penulisan
narasi tidak perlu melibatkan panca indra, sedangkan penyusunan deskripsi harus
melibatkan panca indra.
D.
Narasi
merupakan bacaan yang berisi penceritaan, sedangkan deskripsi berisi
penjelasan.
4. Ada
kalanya sebuah surat tidak sampai kepada alamat yang dituju sehingga
dikembalikan ke pengirimnya. Salah satu penyebabnya adalah kurang lengkap atau
kurang jelasnya alamat tujuan surat. Di antara penulisan alamat tujuan surat
berikut ini, yang paling lengkap dan jelas adalah ...
A.
Kepada
Yth. Saudaraku Ani
di Jin. Melati RT 03, RW 0 1 , Laweyan, Solo
B.
Kepada
Ani
Jin. Melati 13A, Laweyan, Solo
C.
Yth. Ani
RT 0 3 R W 1 , Pajang, Laweyan, Solo.
D.
Kepada
Yth.
Ani
di
Jalan Melati, Gang IV, Laweyan, Surakarta
5.
Ada sebuah
surat yang memuat komponen-komponen dengan urutan sebagai berikut:
1)
Tempat dan
tanggal surat
2)
Alamat dan
tujuan surat
3)
Pembuka
4)
Isi surat
5)
Penutup
6)
Tanda
tangan
7)
Nama
terang
6.
Ditinjaunya
dari kerangkanya, surat tersebut dapat dikategorikan sebagai surat....
A.
Resmi.
B.
Dinas.
C. Pribadi.
D. Dagang
7.
Sudut
pandang yang banyak digunakan dalam cerita.ada dua, yaitu sudut pandang orang
pertama dan ketiga. Pehggalan cerita berikut ini mengunakan sudut pandang orang
ketiga, kecuali...
A.
Kata Pang
Hangru "Ambillah rencong dan ikat kepalaku. Larilah lekas pada ibumu.
Sampaikan salamku dan teruskan perjuangan!"
B.
Rara
Anteng amat gelisah. Ternyata raksasa itu amat giat. Malam masih panjang,
tetapi pekerjaan raksasa itu hampir selesai. Rara berpikir mencari akal.
C.
Sebelum
memancing, Rudi mencari urnpan cacing terlebih dahulu. Tidak terlalu sulit
karena Paman Haris sudah memberi tahu tempat yang banyak cacingnya. Setelah
mendapat cukup banyak cacing, Rudi melemparkan kailnya ke sungai.
D.
Gajah tak
mau mengelakkan diri, kemudian gajah merasakan nyeri di kakinya, sekujur
tubuhnya gemetar danpandangan matanya nanar serta berkunangkunang.
8.
Perhatikan
penggalan puisi berikut
Segala menebal
Segala mengental
Segala tak terkenal
Selamat tinggal
Setelah membaca penggalan puisi Chairil Anwar
di atas, keindahan yang relatif cepat dapat dinikmati terletak pada ...
A.
Diksinya.
B.
Temanya.
C.
Iramanya.
D.
Rimanya.
9.
Kegiatan
parafrase dalam apresiasi sastra adalah mengubah bentuk sastra. Salah satu
pengubahan bentuk tersebut adalah mengubah puisi menjadi prosa. Berikut ini
merupakan langkah-langkah menyusun parafrase puisi ke dalam bentuk prosa, kecuali...
A.
Menentukan
makna pada (setiap) baris puisi.
B.
Menentukan
makna denotatif dan konotatif.
C.
Menentukan
makna struktural/gramatikal.
D. Menentukan makna utuh/keseluruhan.
10. Apresiasi drama dapat dilakukan secara
langsung maupun tidak langsung. Selain itu, juga dapat silakukan secara
reseptif maupun produktif. Kegiatan di bawah ini termasuk apresiasi drama secara
tidak langsung, kecuali...
A.
Menceritakan
kembali.
B.
Membaca
naskah drama.
C.
Menonton pertunjukan drama.
D.
Pertunjukkan
yang memakai mimic
11. Mayoritas penduduk Indonesia
adalahmultibahasawan, yaitumenggunakan beberapa bahasa untuk berkomunikasi.
Akan tetapi,bahasa pertama sebagian besar anak Indonesia adalah...
A.
Bahasa
Indonesia dan bahasa Jawa.
B.
Bahasa
daerah dan bahasa Jawa.
C.
Bahasa
Jawa dan bahasa lokal.
D. Bahasa daerah dan bahasa Indonesia
12. Dalam
pembelajaran menulis, Ibu Siti melakukannya dengan melatih siswa merriilih dan
membatasi topik, kemudian membuat kerangka karangan. Setelah itu, ia melatih siswa
untukmengembangkan kerangka karangan menjadi" karangan sementara,
melakukan revisi isi, dan penyuntingan bahasa. Ini menunjukkan Ibu Siti
memandang pembelajaran menulis sebagai suatu ...
A.
Objek.
B.
Subjek.
C.
Proses.
D.
Produk.
13. : Penilaian
menulis dapat dilakukan dengan menugasi siswa menuliskan kembali sebuah
paragraf yang dibacanya dengan kata-katanya sendiri. Ini menunjukkanteknik tes yang diterapkan adalah...
A.
Menulis ringkasan.
B.
Menyalin paragraf.
C.
Menjiplak.
D.
Menulis terpadu,
14. Ruly adalah siswa
kelas IV SD. Pada pembelajaran bahasa Indonesia, Ibu Guru meminta semua siswa
menyimak cerita yang disampaikan siswa lain. Ruly menyimak dengan tekun ketika
ada temannya yang sedang menyampaikan cerita. Oleh karena itu, ia dapat
menyambung cerita temannya dengan lancar. Ini menunjukkan kegiatan pembelajaran
yang diterapkan guru adalah ....
A.
Melanjutkan cerita.
B.
Menyelesaikan cerita.
C.
Menyimak cerita.
D.
,D. Menyambung cerita.
15.
Guru kelas VI SD menyusun rencana pembelajaran
dengan mated "Menulis laporan hasil pengamatan". Rumusan tujuan
pembelajaran yang tepat adalah ...
A.
Melalui kegiatan membaca sebuah laporan, siswa
dapat menuliskan kembali isinya dengan kata-katanya sendiri.
B.
Siswa dapat menulis sesuai dengan menerapkan
ejaan secara benar.
C.
Melaui pengamatan lingkungan, siswa dapat
menuliskan hasil amatannya dengan bahasa yang baik dan benar.
D. Siswa dapat menulis laporan dengan benar.
16.
Ibu Tini
sedang mengajarkan membaca permulaan kepada siswa kelas I SD. Mula mula ia
memperiihatkan sebuah gambar anak perempuan yang di bawahnya terdapat tulisan
"i - ni. na - ni.Sambil menunjuk gambar, Ibu Tini berkali-kali mengatakan
/ i - ni ma -ma bu - di/ yang kemudian ditirukan murid-muridnya. Selanjutnya,
ia hanya menunjukkan tulisan tanpa diikuti penunjukan gambar, begitu seterusnya.
Huruf-hUruf yang dikenalkan kepada siswa telah dipilih Ibu Tini dengart mempertimbangkan
taraf kemudahan pengucapannya oleh siswa kelas I. Huruf-huruf yang paling awal
dikenalkan kepada siswa adalah
A. a, i,
m, n. ;
B . i, u,
b, d.
C. a, i,
b, d.
D. a, u,
m, n.
17. Seorang guru kelas IV SD akan melakukan
pembelajaran menulis narasi dengan media gambar. Aktivitas di bawah ini juga
termasuk pembelajaran menulis narasi untuk siswa kelas tinggi, kecuali...
A.
Menulis laporan kegiatan wawancara.
B.
Menulis
pengalaman bersama orang lain.
C.
Menceritakan
pengalaman yang paling berkesan.
D.
Melengkapi
cerita rumpang.
18. Pembelajaran menulis permulaan dapat dilakukan
dengan urutan langkah sebagai berikut ini. Pertama-tama, dilakukan pengenalan
sebuah kata yang kemudian dianalisis menjadi suku kata dan huruf sampai siswa
benar-benar mampu membaca dan menulis masing-masing huruf. Langkah berikutnya,
dilakukan pembentukan suku kata dan kata-kata lain dengan menggunakan
huruf-huruf tersebut. Misalnya: dari kata s a - p u, dianalisis dalam
suku kata sa dan pu, selanjutnya dianalisis hurufhurufnya, yaitu
s, a, p, u. Setelah mampu membaca dan menulis keempat huruf tersebut,siswa
dilatih membentuk suku kata dan kata-kata lain, misalnya u - sap, u -
pas, a - pus, pa - us, pu - as, su - ap, dan Iain-Iain. Dengan demikian,
metode yangdigunakan dalam pembelajaran menulis permulaan tersebut adalah ...
A.
Metode
SAS.
B.
Metode
global.
C.
Metode
huruf.
D.
Metode
kata lembaga.
19. Cina merupakan salah satu negara bulu tangkis
di dunia. Negara ini pernah mendapatkan Piala Uber dan-Piala Thomas.
Akhir-akhir ini, prestasi para atletnya, terutama atlet putra", agak
menurun. Meskipun demikian.Gina tetap negara paling kuat dalam olah raga bulu
tangkis. Kata kunci paragraf di atas adalah ...
A.
Cina dan
negara bulu tangkis.
B.
Cina dan
piala uber.
C.
Cina dan
piala thomas.
D.
Cina dan
prestasi bu!u tangkis.
20. Seorang orator menguraikan pidatonya secara
panjang lebar. Mula-mula ia mendeskripsikan kondisi-kondisi saat ini, kemudian
menganalisis sebab-sebab yang menimbulkannya. Dengan demikian, orasi tersebut
menggunakan pola uraian ...
A.
Sebab - akibat.
B.
Akibat - sebab.
C.
Umum - khusus.
D.
Khusus - umum.
21. Sejak memasuki era reformasi, ada wacana ingin
merubah pancasila sebagai dasar negara dengan ideologi lain. Maka MPR segera
membuat ketetapan yang isinya penegasan kembali Pancasila sebagai dasar negara.
Hal itu diatur pada ...
A.
TAP MPR
no. XVIII/MPR/1998.
B.
TAP MPR
no. III/MPR/2000.
C.
TAP MPR
no. I/MPR/2003.
D.
TAP MPR
no. XVII/MPR/1998.
22. Pancasila sebagai ideologi nasional mempunyai
2 fungsi yaitu sebagai cita-cita dan pemersatu masyarakat. Program pemerintah
tentang PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) adalah wujud dari
ideologi Pancasila khususnya sila ke 5 yaitu ...
A.
Pemerataan
kesempatan kerja.
B.
Pemersatu
masyarakat.
C.
Mewujudkan
cita-cita bangsa.
D.
Jaminan
hak asasi manusia.
23. Perwujudan sila kelima Pancasila diantaranya
penyusunan UU tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS). Hal ini
merupakan komitmen pemerintah untuk mewujudkan sila ke 5 dan ketentuan yang
terdapat pada UUD 1945 khususnya pasal ...
A.
31, tentang pendidikan.
B. 32, tentang anak-anak terlantar.
C. 33, tentang perekonomian
D. 34, tentang fakir miskin
24. Bentuk negara "kesatuan"
Republik Indonesia merupakan pilihan bagi bangsa Indonesia, bukan bentuk negara
serikat. Hal yang perluditanamkan pada siswa SD dengan konsep NKRI adalah ... •
.
A.
Pemerintah
daerah dibawah pemerintah pusab. .
B.
Pemimpin
negara adalah presiden.
C.
Di dalam
negara tidak ada negara.
D.
Negara
memiliki kedaulatan.
25. Media televisi selalu dibanjiri
dengan iklan produk luar negeri. Sebagai seorang guru PKn perlu menanamkan
sikap nasionalisme pada siswa. Salah satu bentuk manifestasi nasionalisme dalam
kehidupan sehari-hari diwujudkan dengan cara ...
A.
Mengutamakan
produk dalam negeri.
B.
Kebanggaan
terhadap pendidikan dalam negeri.
C.
Apatis
terhadap kebudayan asing.
D.
Mencintai
produk dalam negeri.
26. Pemilu adalah sarana demokrasi
rakyat Indonesia. Apabila UU Pemilu terdapat sebagian pasal yang bertentangan
dengan pasal 28 UUD 1945, maka lembaga yang berwenang melakukan uji materi
adalah ...
A.
MA.
B.
MK..
C.
KY.
D.
DPR.
27. Pemekaran dari satu kelurahan
menjadi dua kelurahan atau lebib, diatur sesuai PP no.73 tahun 2005 yaitu harus
memenuhi persyaratan tertentu. Syarat yang harus dipenuhi diantaranya telah
menyelenggarakan pemerintahan selama minimal ...
A.
5 tahun.
B.
6 tahun.
C.
7 tahun.
D.
8 tahun.
28. Emansipasi wanita membawa dampak
positif dalam peranan wanita di dunia politik. Akhir-akhir ini UU Pemilu
memberi syarat pada tiap partai politik peserta Pemilu memperhatikan keterwakilan
perempuan sekurang-kurangnya ...
A.
20%.
B.
30%.
C.
40%.
D. 50%.
29. Siswa SD mulai kelas IV sudah
dikena.lkan pemerintah daerah agar ada pemahaman peduli lingkungan yang terkait
dengan keanggotaan legislatif. Menurut UU No. 27 tahun 2009 tentang MPR, DPR,
DPRD, jumlah keanggotaan DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota ....
A.
DPRD
Propinsi 25-100, DPRD Kabupaten/ Kota 15-50.
B.
DPRD
Propinsi 35-100, DPRD Kabupaten/ Kota 20-50.
C.
DPRD
Propinsi 40-100, DPRD Kabupaten/ Kota 25-50.
D.
DPRD
Propinsi 50-100, DPRD Kabupaten/ Kota 30-50.
30. Dalam setiap upacara di sekolah
selalu dibacakan pembukaan UUD 1945, pada alinea ke 4 terdapat tujuan negara.
Prinsip politik luar negeri Indonesia adalah bebas dan aktif. Contoh dari
perwujudan politik luar negeri Indonesia yang aktif adalah ...
A.
A Ikut
membantu perdamaian dunia.
B.
Menjadi
anggota PBB.
C.
Selalu
aktif memerangi terorisme.
Selalu
menjalin hubungan khusus kawasan Asia.
(Bersambung)
(Bersambung)
1 comment:
Write komentarhttp://binarymetabot.com/dow-jones-focus-group-review/
ReplyDeleteWhen people are thinking about trading any type of options, they want to find what is going to give them the best return. Binary options trading is not going to cost them anymore than what they originally invest. There are other types of options that could cost them more.
http://quantumvisionsystemreview.com/dowjones-focus-group-software-review/