Pengertian Dan Jenis-Jenis Media Pembelajaran

1.       Pengertian Media Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran, terdapat beberapa faktor yang sangat berperan dalam keberhasilan pembelajaran. Faktor-faktor tersebut adalah : (1) faktor guru, (2) faktor siswa, (3) faktor sarana dan fasilitas, dan (4) faktor lingkungan. Dalam faktor sarana dan fasilitas termasuk didalamnya media  yang berfungsi sebagai alat untuk membantu kemudahan belajar bagi siswa dalam pembelajaran.
“Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti `tengah`, `perantara`, atau `pengantar`. Dalam bahasa Arab, media adalah perantara (wasaa`il) atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan” (Azhar Arsyad, 2005:3).  Gerlach dan Ely (dalam Azhar Arsyad, 2005:3) mengatakan bahwa, “Media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap”.
Pemerolehan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku dapat terjadi karena interaksi antara pengalaman baru dengan pengalaman sebelumnya. Menurut Bruner (dalam Azhar Arsyad, 2005:7) “ Ada tiga tingkatan utama proses belajar, yaitu pengalaman langsung (enactive), pengalaman pictorial/gambar (iconic), dan pengalaman abstrak (symbolic)”.
 Dengan demikian media pembelajaran dapat diartikan sebagai alat bantu guru dalam pembelajaran serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan (siswa). Sebagai penyaji dan penyalur pesan, media pembelajaran dalam hal-hal tertentu dapat mewakili guru menyajikan informasi belajar kepada siswa. Jika media pembelajaran didesain dan dikembangkan secara baik, maka fungsi itu akan dapat diperankan oleh media meskipun tanpa keberadaan guru.

2.      Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran
Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran akan berlangsung secara efektif dan efisien. Secara lebih khusus manfaat media pembelajaran  dapat dijelaskan sebagai berikut :
a.       Media dapat memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka)
b.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera
c.       Penggunaan media secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik
d.      Menimbulkan kegairahan belajar
e.       Interaksi langsung antara anak didik dengan lingkungannya

3.      Jenis-Jenis Media Pembelajaran
Media pembelajaran banyak sekali jenis dan macamnya. Mulai dari yang paling sederhana dan murah hingga media yang berteknologi tinggi dan mahal harganya. Ada media yang dibuat sendiri oleh guru dan ada pula media yang diproduksi oleh pabrik. Ada media yang sudah tersedia di lingkungan dan dapat dimanfaatkan langsung, ada pula media yang secara khusus sengaja dirancang untuk keperluan pembelajaran.
Menurut Seel dan Glasgow (dalam Azhar Arsyad, 2005:33) media dibagi ke dalam dua kategori luas, yaitu pilihan media tradisional dan pilihan media teknologi mutakhir dengan perincian sebagai berikut:
1.      Pilihan Media Tradisional yang terdiri dari :
a.         Visual diam yang diproyeksikan (proyeksi opaque /tak tembus pandang, proyeksi overhea, slide, filmstrip)
b.         Visual yang tak diproyeksiskan (gambar, poster, foto, charts, grafik, diagram, pameran, papan info, papan-bulu)
c.         Audio (rekaman piringan, pita kaset, reel, cartridge)
d.         Penyajian Multimedia (slide plus suara, multi – image)
e.         Visual dinamis yang diproyeksikan ( film, televisi, video)
f.          Cetak (buku teks, modul, teks terprogram, workbook, majalah ilmiah, lembaran lepas/hand-out)
g.         Permainan (teka-teki, simulasi, permainan papan)
h.         Realia (model, specimen, manipulatif)
2.      Pilihan Media Teknologi Mutakhir
a.       Media berbasis telekomunikasi (telekonfren, kuliah jarak jauh)

b.      Media berbasis mikroprosesor (Computer-assisted instruction, permainan komputer, sistem tutor intelijen, interaktif, hypermedia, compact (video) disc)

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar