Membuat Pembukuan Sederhana dengan menggunakan Fungsi Tambah (+) dan Kurang (-) di Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi pengolah data yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang bisa dijalankan di Microsoft Windows dan Mac OS. Dengan aplikasi Excel kita bisa membuat sebuah aplikasi sederhana untuk keperluan pembukuan, seperti Buku Kas Umum, Buku Kas Tunai, Buku Kas Harian dan lain-lain.

Kali ini akan diuraikan penggunaan fungsi tambah (+) dan kurang (+) dalam membuat pembukuan sederhana.   Meskipun sederhana, tapi sangat membantu dalam proses pembukuan karena dengan memanfaatkan fungsi tambah(+) dan kurang (-) akan sangat mengefektifkan pekerjaan karena kita tidak harus selalu menghitung saldo keuangan dengan kalkulator.

Inilah langkah-langkahnya:
  1. Masuk ke Microsoft Excel dengan mengklik sortcut MS Excel di dekstop
  2. Buatlah lembar kerja dengan mengetikan No, Uraian, Pemasukan, Pengeluaran, Saldo. Atur ukuran kolom kebutuhan dengan membawa kursor ke sebelah atas garis yang ada huruf A,B,C dan seterusnya sehinggu muncul tanda tambah dengan panah di kiri kanan  .Seret kursor sembari menekan mouse sebelah kanan (atau navigasi di laptop sebelah kanan) sesuai keperluan.
  3. Selanjutnya tulis uraian pemasukan dan pengeluaran di format tersebut seperti contoh atau bisa juga buat uraian sendiriCatatan : Pada gambar tertulis E4+C4-D4 seharusnya E3+C4-D4
  4. Di kolom saldo Masukan rumus sesuai gambar di atas. Untuk saldo kolom pertama, klik kolom saldo kemudian  tulis rumus =C3-D3. Selanjutnya tekan enter
  5. Untuk saldo kolom klik kolom saldo kedua dan tulis rumus  =E3+C4-D4 dan selanjutnya enter.
  6. Untuk kolom ketiga dan seterusnya, klik di saldo kolom kedua. Selanjunya bawa kursor ke sudut kanan bawah saldo kolom kedua sehingga timbul tanda tambah (+). Sembari menekan mouse bawa kursor ke bawah sesuai kebutuhan. Atau kalau menggunakan laptop tanpa mouse bawa kursor ke bawah sembari menekan tombol sebelah kanan di laptop.
  7. Sekarang pembukuan sederhana telah jadi tinggal memasukan data dan nanti di kolom saldo akan otomatis terisi sisa saldo.
Catatan :
  • Rumus =C3-D3 artinya data di kolom C baris 3 dikurangi data  di kolom D baris 3. Penulisan huruf C atau D tidak baku tergantung dimana data terletak. Bisa saja kalau data pemasukannya ada di E dan pengeluarannya ada di F maka penulisan rumusnya adalah =E3-F3.
  • Rumu = E3+C4-D4 artinya  saldo di Kolom 3 baris 3 ditambah pemasukan di kolom C baris 4 dikurangi pengeluaran di kolom D baris 4


    Choose :
  • OR
  • To comment
3 comments:
Write komentar
  1. sangat membantu pemula seperti saya

    ReplyDelete
  2. untuk pemula cara ini emang paling efektif. tp semakin berkembangnya bisnis cara ini akan semakin merepotkan dan membutuhkan sebuah solusi baru dan salah satunya adalah software akuntansi

    ReplyDelete
  3. Tetap saja contoh pembukuan keuangan excel masih sangat berguna dan praktis untuk siapa saja, sekalipun telah banyak software2 lain bermunculan..

    ReplyDelete