Contoh Pidato Tema Kejujuran

MENUMBUHKAN SEMANGAT KETERBUKAAN DAN KEJUJURAN

Museum safwan Idris di Darussalam
Hancur ditelan gempa tsunami
Kalau disini semua umat Islam
Jawablah salam sesuai amanat nabi

Assalamu`alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil alami. Washolatuwassalamu `alasrofil anbiyai walmursalin. Waala alihi washohbihi ajmain. Ama`ba`du.
Pertama-tama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puja dan puji serta syukur ke hadlirat Allah swt karena dengan rahmat serta hidayahnya kita bisa berkumpul di ruangan yang mulia ini dengan keadaan sehat wal afiat. Shalawat beserta salam semaga terlimpahcurahkan kepada hakim tertinggi anti korupsi kolusi dan manipulasi yakni Habibana Wanabiyana Muhammad SAW tak lupa kepada keluarganya kepada tabi`it  tabiinnya dan mudah-mudahan kepada kita selaku umatnya.

Yang saya hormati para dewan juri yang begitu adil dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Yang saya hormati ibu-ibu, bapak-bapak, serta rekan-rekan sekalian yang hadir di tempat ini. Pada kesempatan ini dihadapkan rekan-rekan sekalian, saya akan membawakan pidato dengan tema “Keterbukaan dan Kejujuran”.

Rekan-rekan, dijaman sekarang ini keterbukaan dan kejujuran nampaknya sudah menjadi barang yang langka. Padahal seperti kita ketahui mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Sejatinya seorang muslim adalah pengemban risalah dalam kehidupan, oleh karena itu hendaklah bermuamalah dengan akhlaq yang mulia nan tinggi, dengan akhlak mulia niscaya jelaslah kemuliaan seorang muslim dari yang lainnya.

Di antara akhlaq mulia yang semestinya menghiasi seorang muslim, namun kerap ditinggalkan, padahal dengannyalah seseorang merasakan hakikat cinta, dengannya pula terbangun persahabatan yang sejati nan diridhoi. Akhlaq itu adalah jujur dalam berkata dan beramal serta keterbukaan, karena dengan kejujuran dan keterbukaan  seorang muslim akan merasa tentram, dan menghantarkankan kepada kehidupan harmonis yang berakhir di jannatullah.

Lantas apakah hakekat kejujuran dan keterbukaan itu?, Jujur adalah, selarasnya khabar dengan realita, baik berupa perkataan atau perbuatan. Oleh karena itu kita katakan, apabila perkataan  selaras dengan kenyataan maka itulah kejujuran dengan lisan, dan apabila perbuatan badan selaras dengan hati maka itulah kejujuran dengan perbuatan. Sedangkan keterbukaan adalah sikap toleran dan mau menerima segala saran serta kritik.
Kebiasaan berlaku jujur dan terbuka hendaknya dilaksanakan dalam berbagai segi kehidupan, baik dalam konteks sebagai hamba yang berhubungan dengan sang Khaliq, ataupun dalam konteks sebagaimana layaknya manusia dengan sesamanya, seperti jujur dalam memegang amanah kepemimpinan, dalam jual beli, berumah tangga,ber patner dalam bekerja, baik di instansi pemerintahan ataupun swasta, dll. Sehingga tertutuplah pintu kecurangan, penipuan, kecemburuan, prasangka buruk, bahkan KKN sekalipun.
Bapak-bapak, Ibu-ibu, serta rekan rekan yang sekalian. Sungguh indah negeri ini bila kejujuran dan keterbukaan dilaksanakan. Dengan kejujuran dan keterbukaan  takkan ada korupsi, kolusi dan nepotisme yang mengakibatkan negara ini terpuruk dalam krisis moral dan krisis ekonomi. Dengan kejujuran dan keterbukaan, Indonesia akan bangkit dan menjadi negara yang disegani di dunia.
Oleh sebab itu, pada kesempatan ini saya mengajak rekan-rekan untuk membudayakan hidup dengan kejujuran dan keterbukaan. Asal ada niat, Insya Allah kita akan sanggup untuk melaksanakannya.
Rupanya hanya ini saja yang saya bisa sampaikan, mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati bapak, ibu dan rekan-rekan semua.

Wabillahitaufik walhidayah waridlo wal inayah wassalam`alaikum wr.wb.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar