Edit Titik koordinat (Lintang dan Bujur) Sekolah Di Dapodik 4.1.1

Diantara rekan-rekan operator barangkali ada yang mengalami masalah dalam menentukan  titik kordinat sekolahnya. Titik koordinat yang tertulis di dapodik salah atau tidak tepat menunjukan lokasi sekolah yang dimaksud. Hal ini dibuktikan ketika membuka peta koordinat di aplikasi dapodik, ternyata titik lokasi yang ditandai bukan sekolah kita. Sedangkan di aplikasi Dapodik 4.1.1 titik kordinat sekolah sudah dikunci dan tidak bisa di edit pada aplikasi dapodik.

Untuk mengedit kembali titik koordinat sekolah, memang tidak bisa dilaksanakan di aplikasi dapodik. Untuk itu satu-satunya cara adalah mengunjungi portal (situs) VerpalSP . langkah-langkah pengerjaannya bisa dibaca di uraian di bawah ini:

2. Login menggunakan akun yang telah didaftarkan di http;//sdm.data.kemdikbud.go.id (akun yang biasa digunakan untuk masuk ke vervap PD). 
3.Klik Menu, klik Spasial. 
4. Cari lokasi sekolah anda dengan cara mengeser peta. Kalau peta koordinat sekolah yang ada terlalu melenceng sehingga anda bingung, kecilkan dulu peta satelitnya dengan cara mengklik tombol - (min) di sebelah kanan bawah peta sehingga akan muncul nama-nama kota kabupaten atau kecamatan.  Bila ketemu lokasinya, klik tanda tambah (+) sehingga sekolah anda terlihat jelas di peta.

5. Bila sudah yakin dengan letak sekolah yang dimaksud, klik tepat diatas gambar sekolah sehingga tanda merah akan muncul di lokasi tersebut. Secara otomatis angka lintang dan bujur di sebelah kiri peta akan berubah sesuai lokasi yang baru. Selanjutnya klik simpan. 
6. Usulan perubahan garis lintang dan bujur akan terkirim ke admin VervalSP, dan tunggu sampai pengajuan disetujui.
7. Bila sudah disetujui lakukan sinkronisasi dapodik sehingga data koordinat sekolah di dapodik nanti berubah.

Selain mengedit/mengubah letak koordinat sekolah, di Verval SP juga kita bisa mengedit data identitas sekolah yang di dapodik dikunci/tidak bisa diubah  dan perbaikan data citra.


    Choose :
  • OR
  • To comment
4 comments:
Write komentar
  1. Replies
    1. Sami-sami. Hatur nuhun oge kana kunjunganana>

      Delete
  2. Saya buka di lama verval SP, tidak muncul menu parsial, sehingga tidak bisa diedit titik koordinat sekolah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klik tulisan menu yang ada di sebelah atas

      Delete