Solusi Nama Rombel kosong di Dapodik V.4.1.0

Aplikasi Dapodik V.4.1.0  untuk semester genap tahun ajaran 2015/2016 resmi dirilis. Saatnya bagi operator sekolah untuk memperbaharui data dapodik yang meliputi data sekolah, prasarana sekolah , data peserta didik , rombongan belajar dan data PTK. Batas waktu pengiriman data dapodik ke server pusat  adalah tanggal 29 Februari 2016. 

Ada banyak kendala yang dialami operator ketika mengupgrade Dapodik ke versi 4.1.0. Diantaranya selalu gagal dalam mendownload instaler Dapodik V.4.1.0, tidak menemukan preffil dapodik, gagal instalasi Dapodik V.4.1.0 di laptop/komputer, rombel tidak terisi dan banyak lagi.

Dalam kesempatan kali ini akan dibahas solusi rombongan belajar tidak terisi setelah instalasi Dapodik V.4.1.0 selesai. Mungkin ada beberapa rekan operator yang mengalami hal tersebut. Bagi operator yang sudah berpengalaman hal tersebut bukan suatu kendala besar. Namun kenyataan di lapangan, banyak sekolah yang melakukan pergantian operator dan mungkin bingung mengatasi masalah tersebut.


Bila rekan-rekan mengalami hal sebagaimana dalam gambar di atas, maka lakukanlah langkah-langkah di bawah ini;

  1. Klik menu Rombongan Belajar , klik Action Menu di sebelah kanan atas dan pilih lanjutkan semester. Pilih nama rombel di kotak pilihan dan klik save and close. Kemudian bila ada kotak pilihan lagi klik save and close sekali lagi. Maka nama rombel akan tampil dan  anggota rombel akan otomatis masuk ke kelas yang dipilih. Lakukan beberapa kali sebanyak jumlah rombel sehingga semua kelas memiliki anggota rombel.
  2. Setelah selesai lanjutkan dengan mengisi menu `Pembelajaran`. Klik kelas yang dipilih,klik pembelajaran dan isi pembelajaran sesuai SK PBM yang berlaku.
  3. Setelah selesai klik menu beranda dan tekan `ctrl bersamaan dengan F5`. maka nama rombel kini sudah terisi semua.
Masalah lain yang sering terjadi berkaitan dengan dapodik V.4.1.0 adalah gagal dalam menginstal Dapodik V.4.1.0. Kemungkinannya adalah proses pengunduhan yang tidak lengkap. Pastikan Installer dapodik V.4.1.0 yang didownload ukurannya 41,3 MB. Bila masih kurang berarti proses unduhannya gagal.

Untuk lebih jelas tentang  tata cara pengunduhan dapodik V.4.1.0 silahkan baca buku manualnya dahulu agar terhindar dari kesalahan.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar