Wisata Alternatif Bendungan Manganti Purwadadi

Bendungan Manganti terletak di Dusun manganti Desa Sidarahayu Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis. Bendungan manganti membendung Sungai Citanduy yang merupakan batas alam antara Propinsi Jawa Barat dan Jawa tengah. Apabila anda menyeberang melewati jalan raya yang juga bagian depan Bendungan manganti, anda akan tiba di daerah jawa tengah tepatnya di Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap. Konon pada masa jaman Kerajaan Galuh dahulu, batas kerajaan Galuh jauh melewati sungai Citanduy sampai ke daerah sebelah barat Jawa Tengah Sekarang.
Fungsi utama dari Bendungan manganti adalah untuk sarana pengendali banjir  dan sumber baku pengairan sawah , terutama bagi daerah di Kabupaten Cilacap seperti Kecamatan Sidareja, Kedungreja, Wanareja, Patimuan, Gandrungmangu, Bantarsari dan Kawungan. Sedangkan di wilayah Kabupaten Ciamis, daerah yang mendapat manfaat dari Bendungan manganti adalah Kecamatan Purwadadi dan Kecamatan lakbok.
Selain fungsi utama tadi, Bendungan manganti juga menjadi berfungsi sebagai sarana rekreasi bagi masyarakat yang ada di wilayah ciamis dan cilacap, terutama daerah yang dekat ke lokasi Bendungan Manganti seperti Banjar, Langensari, Lakbok, Purwadadi, Banjarsari, Sidareja, Kedungreja, Wanareja, Patimuan, Gandrungmangu, Bantarsari dan Kawungan. Namun tak menutup kemungkinan juga ada  pengunjung yang datang dari lokasi yang jauh dari lokasi Bendungan manganti
Pada hari minggu atau hari libur lainnya, Bendungan Manganti senantiasa dipadati oleh pengunjung yang ingin menikmati keindahan Bendungan yang dibuat pada tahun 1972 dan diresmikan tahun 1990 oleh Presiden Suharto itu. Di lokasi bendungan kita bisa botram ( Bahasa Sunda : makan bersama teman atau keluarga) dengan cara menggelar tikar di lokasi yang telah disediakan. Bila tidak membawa bekal dari rumah, jangan khawatir, dilokasi bendungan terdapat banyak pedagang yang menjajakan dagangannya dengan harga yang terjangkau.
       Akses jalan untuk mencapai Bendungan Manganti cukup mudah dan jalannya relatif mulus. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi (mobil atau motor) karena angkutan umum dari Banjar - Langensari - bendungan Manganti sangat jarang. Jarak dari Kota Ciamis sekitar 56 Km dengan rute Ciamis-Banjar-Langensari-Bendungan Manganti.

Sedangkan jarak dari kota Cilacap ke Bendungan Manganti sekitar 62 KM

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar