Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2016

Setelah sekian lama di tunggu, akhirnya Dapodik Versi tahun 2016 resmi dirilis pada tanggal 30 Juli 2016. Aplikasi Dapodik versi 2016 mengalami perubahan yang signifikan dari segi tampilan. Perubahan yang sangat terasa adalah posisi menu-menu utama yang biasanya berada di sebelah atas kini diletakan di sebelah kiri tampilan aplikasi.
Tampilan Baru Dapodik Versi 2016

Dari segi isi, Dapodik 2016 hampir sama saja dengan dapodik versi 4.1.1. Hanya ada beberapa pembaharuan dan perbaikan dari versi sebelumnya. Beberapa sub menu juga mengalami perubahan posisi. Jadi bagi yang sudah terbiasa mengisi Dapodik V 4.1.1 tidak akan mengalami kesulitan yang berarti.

Dapodik Versi tahun 2016 diperuntukan bagi sekolah mulai dari tingkat dasar (SD) sampai tingkat lanjutan atas (SLTA). Jadi berbeda dari tahun 2015 untuk tahun 2016 tidak ada perbedaan versi dapodik antara tingkat SD/SLTP dengan sekolah tingkat SLTA. Semua menggunakan Dapodik versi 2016.

Proses Instalasi Dapodik Versi 2016 tidak jauh berbeda dengan instalasi Dapodik versi sebelumnya. Bagi operator yang sudah berpengalaman tentu tidak akan mengalami kesulitan. Namun, selalu saja ada perubahan operator di sebagian sekolah. Untuk itu, bagi yang memerlukan panduan cara penginstalan Dapodik 2016 dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Uninstal Dapodik versi sebelumnya yang ada di laptop/komputer. Carananya (Windows 7) : Klik star, klik kontrol panel, klik program, klik program dan feature. Cari aplikasi dapodik dan klik uninstal.
  2. Download installer Dapodik 2016 beserta prefillnya di : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
    Installer Dapodik (atas) dan Prefill Dapodik (bawah)
  3. Pindahkan prefill dapodik hasil unduhan ke dalam folder  yang diberi nama prefill_dapodik (cara penulisannya dengan huruf kecil semua) di Local Disk C. Simpan installer dapodik 2016 di mana saja. Bisa di Local Disk D atau E atau tetap di folder unduhan/download juga tidak apa-apa.
  4. Buka folder tempat menyimpan istaller dapodik 2016 yang tadi di download. Klik dua kali file aplikasi tersebut/atau bisa juga klik kanan dan pilih open. Ikuti proses instalasi sampai selesai.
  5. Setelah instalasi selesai, maka kita akan di bawa ke proses selanjutnya yaitu registrasi. Lakukan reistrasi sesuai dengan data yang benar dan bila telah selesai klik submit (Jika anda tidak mendownload prefill dapodik, pilih registrasi secara online). Jika registrasi berhasil maka akan ada konfirmasi seperti berikut:
  6. Bila registrasi berhasil maka selanjutnya kita akan masuk ke jendela login dapodik 2016. Silahkan login dengan username dan password yang tadi telah dimasukan di registrasi. Klik masuk dan pekerjaan telah menanti anda di Dapodik 2016.

Demikian cara instalasi dapodik 2016 mudah-mudahan membantu.
Catatan : Pada Dapodik Versi 2016 ini terdapat dua pilihan registrasi yang berpengaruh pada perlu tidaknya download prefill dapodik. Bila anda akan memilih registrasi secara online, maka tidak perlu mendownload dan menyimpan prefill dapodik di local disk C. Sebaliknya, bila anda akan melakukan registrasi secara offline, maka harus mendownload dan menyimpan prefill di local disk sebagaimana biasa

    Choose :
  • OR
  • To comment
1 comment:
Write komentar