Cara Membuat Video Slide Show Dari Foto Dengan Movie Maker

Bagi yang sering melakukan presentasi atau ingin menyimpan foto pernikahan atau kenangan lainnya dalam bentuk video slide show, ada banyak software untuk membantu mewujudkannya. Salah satu diantaranya adalah Windows Movie Maker. Windows movie maker adalah perangkat lunak yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation yang fungsinya  melakukan olah digital terhadap cuplikan-cuplikan gambar bergerak (film), misalnya untuk menambahkan animasi, efek visual ataupun sebuah redaksi singkat yang berhubungan dengan film yang sedang disunting. Selain itu Windows Movie Maker dapat juga digunakan untuk menggabungkan foto-foto yang terpisah agar bisa ditampilkan menjadi video yang utuh/Video slide show.

Windows Movie Maker tidak dalam satu paket dengan sistem operasi windows. Jadi kita harus mendownload dan menginstalnya secar terpisah. Untuk menginstal windows Movie Maker silahkan cari di google dengan menuliskan Windows Movie Maker, SIlahkan download dari situs resminya yaitu Microsoft Corporation atau juga situs lain yang menyediakan aplikasi ini.

Setelah di download lanjutkan dengan menginstal aplikasi ini di kompuer/laptop.  Caranya mudah saja dengan cara mengklik dua kali di file aplikasi movie maker yang sudah di download tadi atau dengan cara klik kanan dan klik run administrator.  Selanjutnya  klik yes dan ikuti saja semua langkah-langkah yang ditampilkan sampai aplikasi selesai di download.

Selanjutnya setelah aplikasi terinstal saatnya kita menggunakan aplikasi Movie Maker ini untuk mengedit foto-foto yang kita miliki agar bisa ditampilkan dalam format video slide show. Adapun langkah-langkah pembuatan video slide show dari foto adalah sebagai berikut.

  1.  Buka Windows Movie maker dengan cara menglik dua kali di ikon aplikasi tersebut. Untuk Windows 10 tinggal klik tombol star dan biasanay Ikon Movie Maker ada di sebelah atas.
  2. Selanjutnya jendela aplikasi Movie Maker akan terbuka. saatnya memulai proyek dengan memasukan foto atau video ke dalam aplikasi Movie maker. Caranya dengan mengklik menu add video and fotos. Selanjutnya jendela ekspoler akan terbuka. Silahkan cari lokasi foto-foto anda di simpan. Jadi pastikan anda mengingat lokasi foto di simpan, apakah di lokal disk C, D atau E atau dilokasi lain tempat anda menyimpan foto.. Nama foldernya juga harus jelas agar mudah mencarinya.
  3. Kemudian blok semua foto yang ingin dimasukan ( caranya klik foto paling awal kemudian tekan tombol shift di keyboard dan klik foto yang paling akhir) dan klik open di sebelah kanan bawah. Foto akan masuk ke aplikasi movie maker. Bila masih ada foto di lokasi penyimpanan lain yang ingin dimasukan, lakukan langkah kedua sekali lagi.
  4. Bila ada foto yang tidak dikehendaki ikut masuk ke aplikasi dan ingin anda hapus, klik kanan pada gambar yang ingin di hapus dan klik menu remove. 
  5. Selanjtnya kita akan memasukan animasi agar nanti tampilan foto tampak indah. Klik menu Animasi dan pilih animasi yang diinginkan dengan cara meletakan kursor di lokasi animasi yang dipilih. Coba beberapa animasi dan perhatikan perubahannya pada tampilan foto. Setelah mendapat animasi yang cocok, klik di lokasi animasi tadi. Pemberian animasi bisa perfoto atau sekaligus keseluruhan foto . Apabila ingin animasi yang berbeda untuk tiap foto maka klik foto satu persatu dan pilih animasi yang sesuai. Bila ingin semua foto memiliki animasi yang sama, blok semua foto yang ada ( caranya klik foto paling awal kemudian tekan tombol shift di keyboard dan klik foto yang paling akhir)dan pilih animasi yang sesuai.
  6. Selanjutnya di sebelah kanan terdapat menu yang fungsinga untuk menggerakan foto. Silahkan klik foto yang ingin di beri gerak dan pilih animasi yang sesuai. Letakan kursor di beberapa animasi dan lihat perubahan foto. Setelah mendapat yang cocok, klik animasi tersebut. Bila ingin tiap foto memiliki gerak yang berbeda, maka satu persafu foto harus di klik dan diberi animasi. Sebaliknya bila ingin semua foto memiliki gerak yang sama, blok semua foto dan klik di animasi yang cocok.
  7. Selanjutnya kita akan menggunakan musik untuk mengiringi slide show yang kita putar. Klik kembali menu home dan klik panah kecil yang ada di sebelah kanan bawah menu add music. Ada beberap pilihan untuk memasukan musik. . Bila lokasi musik yang akan dimasukan ada di penyimpanan laptop/
    PC maka pilih ad music from PC. Pilih salah satu sub menunya, antara lain add music atau add music at the curent poin. Bila di klik salah satu dari kedua menu tersebut akan keluar jendela eksplorer. Cari lokasi musik di laptop. Bila musik yang dimaksud sudah ketemu klik file muusik yang menjadi pilihan tersebut dan klik open di kanan bawah jendela eksplorer. Musik akan otomatis masuk ke dalam aplikasi. Untuk melihat hasilnya coba klik tombol play di sebelah kiri bawah aplikasi Movie maker.
  8. Bila ingin memberi judul di awal video, klik menu title dan tuliskan judul untuk video milik anda tersebut. Bila ingin menambah keterangan di tiap bagian foto, klik foto yang ingin diberi keterangan dan klik menu Caption dan tulisan keterangan yang ingin ditampilkan (lebih baik menulis judul video dan keterangan foto di bagian awal sebelum memasukan animasi dan musik)
  9. Selanjutnya untuk melihat hasil pekerjaan kita, klik menu view dan menu preview full screen.
  10. Demikianlah cara sedernaha membuat video slide show dari foto dengan aplikasi movie maker. Sebenarnya masik banyak menu-menu lain untuk lebih menarik tampilan slide, mungkin di lain waktu kita jelaskan kembali.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar