Cara Unduh Sertifikat Pelatihan Guru Pembelajar

Program Guru Pembelajar yang dilaksanakan pada Tahun 2016 telah usai dilaksanakan dan diakhiri dengan Uji Kompetensi Guru di masing-masing TUK. Hasilnya pun telah bisa dilihat di Portal/Situs Guru Pembelajar yang beralamat di https://paspor.gurupembelajar.id.

Sebagimana dijelaskan di buku pedoman guru pembelajar, jika nilai kumulatif yang dicapai oleh peserta guru pembelajar mencapai nilai 70 atau lebih, maka guru bersangkutan akan mendapat sertifikat dengan jumlah jam 60 dan jika kurang dari 70, maka guru tersebut tidak akan diberi sertifikat. Cara melihat dan mengunduh sertifikat pelatihan GPO bisa dilihat di bawah ini :

1. Masuk ke alamat : https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login. Login dengan Email dan kata sandi yang benar. Email di sini maksudnya email khusus yang merupakan nomor UKG tahun 2015 dan ditambah @guruku.id di belakangnya. Misalnya : 201510912331@guruku.id. Jika email dan kata sandi sudah diisi, klik login.

2. Bila email dan kata sandi benar, Portal Sim Guru Pembelajar  akan terbuka. Gulir halaman Guru Pembelajar ke bawah sehingga muncul menu-menu ; Riwayat Capaian, Riwayat Pelatihanku dan Profilku muncul.
3. Klik menu Riwayat Pelatihanku. Klik panah di sebelah kanan tulisan `Riwayat Pelatihan 2017`.
Akan muncul pilihan tahun pelatihan. Pilih tahun pelatihan 2016.
Riwayat pelatihan di tahun 2016 akan terbuka. Disana kita bisa melihat daftar modul yang telah dipelajari, jenis diklat yang diikuti dan nilai. Di sebelah kanan NA (Nilai Akhir) klik tombol unduh untuk mengunduh sertifikat.
4. Akan muncul jendela dialog. Klik ok untuk mengunduh sertifikat. Cukup satu saja yang diunduh meski terdapat dua menu unduhan karena keduanya sama saja. (jika menggunakan Google Chrome, sertifikat akan langsung diunduh tanpa ada jendela dialog)

5. Selesai mengunduh, lihat hasil unduhan di folder unduhan/download. Atau jika bingung buka saja di browser dengan mengklik tanda unduhan.  Kalau di Mozilla tandanya adalah tanda panah di kanan atas aplikasi.
6. Selanjutnya tinggal buka filenya dan printout dengan menggunakan kertas yag cukup baik.

    Choose :
  • OR
  • To comment
7 comments:
Write komentar
  1. Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih juga atas kunjungannya

      Delete
  2. Eeee saya tak dapat sertifikat

    ReplyDelete
  3. Bagaimana cara memiliki sertifikat? Mohon info?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setifiat diperoleh jika sudah mengkitui pelatihhan yang diselenggarakan komunitas PKB

      Delete
  4. Mohon info, saya mengikuti diklat PKB mandiri thn 2018 untuk memperbaiki nilai, namun setelah selesai diklat dan mengikuti UKG mengapa nilai raport masih sama tidak berubah?? Mungkin ada yg punya info??

    ReplyDelete