Memperbaiki Data Laporan SPT Pajak Online yang terlanjur terkirim

Semua orang pasti berharap bahwa semua pekerjaan yang dilaksanakan sempurna dan luput dari kesalahan sehingga  tidak harus mengulang atau memperbaiki pekerjaan yang telah selesai dikerjakan. Namun bagaimanapun telitinya kita bekerja, kadang ada saja kesalahan yang terjadi sehingga mau tidak mau harus mengulang kembali pekerjaan yang telah dilaksanakan. 

Demikian halnya ketika kita membuat laporan SPT Pajak Tahunan secara Online. Perasaan semua telah benar dan baik-baik saja sehingga dengan percaya diri laporan tersebut kita kirimkan. Eh....setelah terkirim ternyata ada bagian yang tidak sesuai atau salah. 

Tenang saja, tak perlu panik. Bila laporan SPT yang kita kirimkan salah, kita bisa melakukan pembetulan sehingga data yag dikirim sesuai bukti yang ada. Untuk lebih jelasnya di bawah ini akan diuraikan cara memperbaiki laporan SPT pajak secara online di djp online.
  1. Masuk ke djp online dengan nomor NPWP dan Password yang kita miliki.
  2. Setelah djp online terbuka, klik menu e-filing. Selanjutnya klik menu `Buat SPT`.
  3. Selanjutnya jawab pertanyaan-pertayaan sesuai dengan kondisi wajib pajak.

    Contoh isian  Formulir SPT  untuk wajib pajak yang memiliki penghasilan lebih dari 60 juta.
  4. Ketika halaman pertama formulir pajak muncul, isi formulir dengan benar. Tahun pajak diisi sesuai dengan SPT yang ingin kita ubah. Misalnya  SPT yang ingin diubah adalah tahun 2016, isi tahun pajak dengan tahun 2016. Pada Status SPT, pilih Pembetulan ke-. Pada menu Pembetulan ke isi- sesuai keadaan. Bila baru pertama kali melakukan pembetulan, isi dengan pembetuan ke 1. Selanjutnya klik Menu Langkah berikutnya dan cari data yang ingin diperbaiki. Setelah selesai memperbaiki SPT, lakukan pengiriman ulang SPT.
Demikian cara memperbaiki Laporan SPT Pajak Tahunan secara online. Semoga dapat mempermudah memperbaiki laporan SPT anda yang sudah terlanjur terkirim.

    Choose :
  • OR
  • To comment
28 comments:
Write komentar
  1. Sudah dieditvtapi angkanya belm tergantikan dan ditulis berbyaar

    ReplyDelete
  2. Sudah dikirim ulang spt nya? Bila sudah maka di arsip SPT akan muncul Spt hasil pembetulan. Angka yang belum Berubahnya di mana? Di SPT awal atau pembetulan? Kalau di SPT awal angkanya memang tidak akan berubah. Perubahan nya ada di SPT pembetulan.

    ReplyDelete
  3. Sudah pembetulan nih ke-1. Nnti yg muncul di djp nya yg awal apa yg setelah pembetulan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di arsip dkp akan muncul dua2nya, yang normal dan pbtln. Yang dianggap valid yang terakhir dikirim(pmbtln 1)

      Delete
  4. Knp SPT awalnya masih muncul ya di arsip SPT
    Nnti yg trkirim ke djp/yg dinilai valid yg awal atau pembetulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya muncul lah, kan sudah terkirim , sudah ada di sistem djp. Yang dianggap valid yang terkirim terakhir, yang pembetulan.

      Delete
  5. Kmrin saya salah buat spt harusnya yg 1770s malah bikin yang 1770ss
    Jadi ada 2 laporan spt thun 2017 kmrin apakah tdk apa2 kya gt?
    Apa bisa dihapus yg 1770ssnya???
    Mohon bantuanya trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah yang sama mas.. Mohon admin untuk penjelasan

      Delete
    2. Menurut saya tidak apa-apa. Untuk mnghapus spt yang telah terkirim tidak bisa. untuk lebih jelasna coba konsultasikan ke kantor pajak terdekat atau telpon kring pajak 1500200

      Delete
  6. Saya buat spt thn 2015 saat itu sudah terkirim, pas dicek lg trnyata ada kesalahan, jd saya lupa ngisi penghasilan netto, daftar harta kurang lengkap jg.. saat mau dilakukan permbetulan tdk bisa, jadi pas pilih buat spt, tahun 2015, status pembetulan ke 1, diklik langkah berikutnya malah loading terus ga bergerak lg.. itu knapa ya? Samapi saat ini dicoba punmsh blm bisa.. mohon bantuannya, saya takut kena denda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lagi di lain waktu, mungkin server lagi sibuk. Jika beberapa kali dicoba tapi tidak bisa, kemungkinan memang tidak bisa memperbaiki spt tahun yang telah lewat. Tapi jangan terlalu kuatir, saya kira tak akan kena denda. Perautran tahun 2015 belum seketat sekarang. Yang terpenting untuk tahun sekarang, laporan spt harus lengkap. Peraturan tahun sebelumnya memang tidak terlalu ketat sehingga jika daftar harta tidak dikirim tidak masalah. Sekarang, jika daftar harta tidak diisi maka tidak bisa kirim spt.

      Delete
  7. Itu sdh saya kirim di pembetulan malah bps spt blm ada. Maksud nya apa tu min?

    ReplyDelete
  8. Minta tanggapan padahal saya baru melaporkan spt trus setelah klik buat spt dan klik normal ternyata sudah ada, trus klik pembentulan 1 dan saat mengirim spt sudah gak bisa, bgmana sleanjut karna sdh brp kali dihapus pembentulanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya batas pelaporan SPT adalah tanggal 31 Maret untuk pribadi dan 30 April untuk Badan Usaha .

      Delete
  9. saya mau menghapus arsip spt bulan 10 tahun 2018 karena ada kesalahan tapi arsip spt bulan 10 itu tidak bisa di hapus atau tidak ada menu pembetylan nya, saya buat spt bulan 10 pun tidak bisa, itu bagaimana solusi nya bila kita hendsak membetulkan spt bulan kemarin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arsip SPT yang sudah terkirim tidak bisa dihapus. Jika SPT yang telah dikirimkan ada kesalahan, buat lagi SPT sesuai bulan yang ingin diperbaiki. Pada bagian pembetulan, pilih pembetulan ke 1.

      Delete
  10. gimana cara pindah jenis spt dari 1770 ke 1770ss, berhubung sblumnya sya lagi buka usaha dan skrang sdah ASN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Login djp online, Klik E-filling, pilih buat spt. Jawab pertanyaan No 1 tidak no 2 tidak . Untuk pertanyaan no 3 pilih ya jika penghasilan kurang dari 60 juta setahun dst. selngkapnya baca artikel di blog ini yang berjudul "Cara Pengisian Formulir SPT 1770 S Secara Online".

      Delete
  11. Tlg solusinya dong, gmn munculin kembali SPT yang kehapus ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah terhapus, ya tidak bisa dikembalikan lagi.. Harus buat lagi

      Delete
  12. Minta sarannya min. Kalau sudah lapor spt tahunan pakek eForm 1770 trus ada kekeliruan dalam menuliskan jumlah omzet, apakah bisa pembetulan? Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. saya sudah mengirimkan spt tahun 2018 melalui eForm dan PEB sudah muncul, namun ada kekurangan upload data neraca dalam bentuk pdf, bagaimana saya menambahkan data attch pdf tersebut? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, untuk pelaporan spt melalui e-form admin kurang faham karena belum pernah mencoba.

      Delete
  14. Ka kalo saya udah dapet kode verifikasi pembetulan SPT.tapi ko gk muncul pesan d.email yg bukti pelaporan pajak...itu gmna yaa.status.a sudah selesai lapor apa belum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka kembali djp online. Klik efilling. Lihat daftar arsip spt, apakah spt ang terakhir dikirimkan ada? Jika ada berarti spt sudah terkirim

      Delete
  15. Maaf, kok saya enggak dpt pertanyaannya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang tampilannya agak berbeda. Setelah berhasil login, klik dulu menu e-filing. Baru klik buat spt.

      Delete