SIAP BELAJAR

Blog Tempat Belajar dan Berbagi Pengetahuan

Cara Pengisian Nilai Raport Di Dapodik Versi 2017.C

Dapodik Versi 2017.C merupakan perbaikan dari dapodik versi sebelumnya. Jika pada versi dapodik sebelumnya (2017.B) menu pengisian Rapor untuk SD belum bissa digunakan, maka pada Versi 2017.C ini menu raport/US/USBN untuk SD siap digunakan. Oleh sebab itu tunggu apalagi, secepatnya lakukakan update dapodik ke versi 2017.C dan segera input nilai ke dalam dapodik agar pekerjaan lekas selesai.

Target pendataan nilai US/USBN bagi sekolah yang berada di bawah naungan DITJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD (SD, SMP, SMA, SMK, SLB)  adalah nilai US/USBN semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Sedangkan target pengisian rapor adalah sebagai berikut:
Untuk tingkat SD, utamakan pengisian raport kelas 6 dari semester 7 s/d semester 12 (2014/2015 semester 1, 2014/2015 semester 2, 2015/2016 semester 1, 2015/2016 semester 2, 2016/2017 semester 1, 2016/2017 semester 2). SMP utamakan pengisian raport kelas 3 dari semester 1 s/d semester 6. Sedangkan untuk SLTA utamakan pengisian raport kelas 3 dari semester 1 s/d 6. Jika ada waktu, tak ada salahnya mengisi nilai seluruh kelas, toh bila sekarang semua nilai telah dimasukan maka tahun depan pekerjaan akan lebih ringan.

Kewenangan untuk input data nilai adalah sepenuhnya tanggungjawab Guru bidang dan wali kelas. Operator bertugas sebagai administrator dengan mempersiapkan dapodik agar bisa diakses oleh guru bidang dan wali kelas serta memberikan bimbingan bila guru bidang atau wali kelas memiliki masalah dalam penginputan nilai.

Untuk  dapat menginput nilai US/USBN dan nilai rapor di dapodik ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan oleh operator sekolah, antara lain :
  1. Install updater/patch Aplikasi Dapodik Versi 2017.c.  Updater Aplikasi Dapodik 2017.C dapat diunduh Disini
  2. Lakukan Sinkronisasi. Tahap ini dimaksudkan agar semua referensi semester yang dibutuhkan turun ke Aplikasi.
  3. Generate Prefill Rapor. Tahap ini penting dilaksanakan agar data pembelajaran dan anggota rombel semester terdahulu masuk ke aplikasi. Prefill Rapor bisa diunduh disini
  4. Simpan prefill raport di Local Disk C dalam folder yang diberi nama prefill_dapodik
  5. Selanjutnya login ke aplikasi dapodik, dan pilih menu pengaturan lalu akan terlihat fitur Data Prefill Rapor. klik prefill rapor dan lakukan konfirmasi di prefill rapor.
  6. Pastikan masing-masing guru telah memiliki akun pribadi untuk login dapodik. Bila belum silahkan buat dengan mengklik menu `GTK` dengan sub menu  `Guru`. Pilih guru yang akan dubuatkan akunnya dan klik sub menu `Penugasan`. Selanjutnya pilih sub menu `Buat/ubah akun PTK`.
  7. Entri mata evaluasi oleh operator sekolah dengan mengklik menu `Nilai`, kemudian pilih sub menu `Rapor`
    .
  8. Selanjutnya pilih semester dan rombel yang akan diisikan mata evaluasinya.
  9. Klik menu tambah yang posisinya ada di sebelah menu pilihan rombel/kelas. Bila tidak kelihatan, perbesar jendela mata evaluasi rapor dengan menyeret batas jendela sebelah kanan sesuai kebutuhan.
  10. Akan muncul jendela untuk penambahan mata evaluasi/mata pelajaran. Isikan sesuai urutan di rapor. ( No 1 PAI, No 2 PKN dst...). Lakukan langkah ke 10 sampai semua mata evaluasi masuk ke aplikasi.
  11. Selesai sudah memasukan semua mata evaluasi ke dalam satu rombel/kelas.  Untuk mengisi mata evaluasi di rombel lain,  ulangi lagi langkah ke 8 dengan memilih rombel/kelas lain yang kan diisikan mata evaluasinya. Begitulah berulang-ulang sampai semua rombel/kelas dalam satu semester memiliki mata evaluasi.
  12. Bila akan memasukan mata evaluasi di semester berbeda anda harus log out dulu dari dapodik, kemudian masuk dengan user id dan password sekolah. Jangan lupa pilih semester yang akan diisi mata evaluasinya. Jika sudah masuk lakukan  lagi langkah ke 7-12  sampai selesai. Demikianlah kerjakan berulang-ulang sampai semua semester dan semua kelas memiliki mata evaluasi.
  13. Untuk mempermudah pengisian rombel di kelas yang berbeda, bisa dilakukan dengan menggunakan menu `Salin templat Mata Evaluasi`.
  14. Jika semua proses persiapan telah dilaksanakan oleh operator sekolah, selanjutnya tinggal pengisian rapor yang akan dilaksanakan oleh guru bidang atau wali kelas.
  15. Untuk pengisian rapor oleh wali kelas/guru bidang, operator harus log out dulu dari dapodik, kemudian login kembali dengan menggunakan akun guru bidang/wali kelas.
  16. Untuk mempermudah pekerjaan bisa juga operator mengdownload dulu format nilai sesuai kelas dan mata pelajaran yang diampu guru bidang dalam bentuk excel. Kemudian oleh wali kelas format nilai yang berbentuk excel itu diisi nilainya. Stelah selesai kemudian diupload kembali, bisa oleh guru yang bersangkutan atau oleh operator sekolah
Karena tugas dan wewenang pengisian raport ini menurut juknis dibebankan kepada guru bidang/wali kelas maka sebaiknya kepala sekolah harus  memfasilitasi dan mendorong guru bidang/wali kelas untuk mengisi nilai secara mandiri. Ini untuk pembiasaaan sehingga kedepannya guru bidang/wali kelas menjadi terbiasa dan tidak ada alasan tidak bisa atau tidak mampu menggunakan komputer / laptop.

Sudah seyogyanya guru di jaman sekarang melek komputer dan melek internet tidak kalah oleh operator maupun siswa-siswinya. Oleh sebab itu operator sekolah harus memfasilitasi  dan membimbing guru-guru agar mampu mengerjakan tugasnya.


      
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
6 Komentar untuk "Cara Pengisian Nilai Raport Di Dapodik Versi 2017.C"

kok gagal mengirim dapodik di singkron ada kata-kata "Data Registrasi tidak ditemukan diserver" terima kasih

Ujung"nya operator juga .
Kerja kerja kerja...
Yang jangan tanya kesejahteraannya :(

Makanya kita sbg operator harus ada ketegasan. Guru jangan dimanja, paksa mereka bekerja. Download semua format penilaian dan berikan kepada masing2. Guru/wali kelas agar diisi......kita tinggal upload. .....

Artikelnya komplit sekali,
Terima kasih sudah berbagi.
Sukses selalu.

Sama-sama. Terima kasih juga atas kunjungannya

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top