SIAP BELAJAR

Blog Tempat Belajar dan Berbagi Pengetahuan

Inilah Cara Cepat Instalasi Dapodikdasmen Versi 2018

Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 telah resmi dirilis pada tanggal 04 Agustus 2017.   Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 terdapat perubahan yang cukup signifikan dengan penggunaan database versi baru, pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa bug versi sebelumnya. Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik dan juga upaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aplikasi Dapodikdasmen 2017 telah menggunakan Database versi terbaru sehingga secara tehnik tidak bisa langsung diupgrade dari aplikasi versi sebelumnya, tetapi harus instal ulang dari awal. Ini artinya aplikasi Dapodikdasmen yang sebelumnya telah ada di komputer harus diuninstal dulu baru kemudian instal Dapodikdasmen Versi 2018. Cara instalnya sama saja seperti menginstal dapodikdasmen versi sebelumnya.

Untuk mengingatkan kembali bila ada yang sudah lupa, di bawah ini akan dijelaskan langka-langkah instalasi Dapodikdasmen versi 2018 sesuai dengan yang tercantum di Buku panduan Aplikasi Dapodik Versi 2018.

  1. Persiapkan kode registrasi sekolah dan akun yang biasa digunakan oleh operator untuk login ke dapodik.
  2. Uninstal dulu dapodik versi sebelumnya yang ada komputer.
  3. Unduh aplikasi Dapodikdasmen di sini : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan . Simpan hasil unduhan di tempat yang mudah diingat (secara default file hasil unduhan ada di folder download atau unduhan)
  4. Unduh pula Prefill Dapodik sekolah anda di alamat yang sama jika akan melakukan registrasi dapodik secara offline.  Simpan hasil unduhan prefill di Local Disc C di folder yang diberi nama " prefill_dapodik " ( tanpa tanda seru).  Jika anda berniat melakukan registrasi dapodik secara online, langkah ini bisa dilewati.
  5. Sekarang saatnya menginstal Dapodikdasmen V2018. Buka folder tempat file installer Dapodikdasmen 2018 disimpan. Klik duakali file installer dapodik 2018, atau klik kanan dan pilih open.
  6. Jendela instalasi Dapodikdasmen 2018 akan muncul. Klik lanjut untuk meneruskan instalasi.
  7. Pada jendela perjanjian persetujuan, pilih saya setuju dan klik lanjut.
  8. Selanjutnya akan muncul jendela “Pilih lokasi tujuan” dan secara default otomatis akan mengarahkan lokasi instalasi di “C:\Program Files(x86)\Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
  9. Pada jendela "Pilih folder Start Menu"  Secara default, sistem akan otomatis mengisi “Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
  10. Masuk ke jendela persiapan memasang aplikasi Dapodik, klik “Pasang” untuk memulai proses instalasi aplikasi.
  11. Proses instalasi dapodik akan berlangsung. Tunggu hingga aplikasi dapodik terpasang di komputer. Jika aplikasi dapodik sudah selesai diinstal akan muncul jendela pemberitahuan. Klik menu selesai di bagian bawah jendela.
  12. Setelah proses instalasi selesai maka akan muncul ikon aplikasi Dapodik di halaman desktop. Klik ganda pada ikon untuk membuka aplikasi.
  13. Jika jendela aplikasi dapodik sudah terbuka, lakukan registrasi terlebih dahulu. Gunakan no registrasi sekolah dan akun dapodik serta password yang telah digunakan di aplikasi sebelumnya. Jika akan melakukan registrasi secara online, pastikan jaringan internet aktif terhubung dan sinyal internet bagus. Jika sinyal jelek, lakukan registrasi secara offline.


      
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Inilah Cara Cepat Instalasi Dapodikdasmen Versi 2018 "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top