Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan bagi Peserta Mandiri

Karena kesibukan atau banyak yang difikirkan, kita kadang lupa, apakah bulan ini sudah bayar iuran BPJS Kesehatan atau belum? Daripada bingung atau ragu-ragu, lebih baik cek saja di portal resmi BPJS kesehatan. Di sana kita bisa cek iuran BPJS kita sehingga kita bisa tahu, apakah iuran kita sudah dibayar atau belum. Selain cek iuran, di portal BPJS Kesehatan kita juga bisa melakukan pendaftaran peserta secara  online dan mencari fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan askes .

Untuk mengecek iuran BPJS, langkahnya sangat mudah. Bisa dilakukan melalui smartphone, tablet atau laptop/komputer. Yang terpenting smartphone, tablet atau laptop tersambung ke jaringan internet. Oke, sebagai bahan panduan bagi yang belum pernah melakukan cek iuran BPJS secara online, admin akan menguraikan langkah-langkahnya secara berurutan. 

Namun perlu juga diketahui bahwa fasilitas ini hanya bisa digunakan/ diakses oleh peserta BPJS kesehatan mandiri (peserta BPJS  perorangan).

1. Masuk ke alamat : https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/. Lihat di sebelah kanan, ada menu-menu pilihan seperti : Pendaftaran Online, Hubungi Kami, Cek Iuran, Pendaftaran Badan Usaha, Fasilitas Kesehatan, dan Donasi.
2. Karena kita akan cek iuran, maka pilih  menu `Cek Iuran` yang berada di baris ke 3 dari atas. Jika jendela baru telah terbuka, isi sesuai petunjuk.
3. Jika pengisiannya benar, maka akan muncul informasi terkait iuran BPJS kita.

Membayar iuran BPJS kesehatan dianjurkan untuk dilakukan setiap bulan agar kita terhindar dari denda yang akan dibebankan kepada peserta jika terlambat membayar iuran. Akan terasa berat jika iuran yang kita harus bayar dibayarkan secara sekaligus ditambah dengan beban denda.

    Choose :
  • OR
  • To comment
2 comments:
Write komentar