Instal Ulang Aplikasi PMP Tanpa Kehilangan Data Isian Responden

Bagi operator yang sedang mengerjakan kuisioner di aplikasi PMP, sebaiknya setiap saat selalu membackup data PMP agar terhindar dari kejadian yang tidak diharapkan. Ini sekedar unttuk berjaga-jaga, karena bisa saja terjadi sesuatu yang di luar kendali kita. Misalnya aplikasi PMP nya eror sehingga harus menginstal ulang aplikasi PMP.

Jika hal demikian terjadi, maka semua data responden yang telah diisi akan hilang tanpa bekas. Mendingan kalau pengisiannya baru sedikit, jika sudah banyak maka bisa stress operator sekolah. Tapi hal tersebut bisa dihindari jika kita senantiasa melakukan backup data PMP setiap saat dan menyimpan file backupnya di tempat yang aman. 

Untum membackup data responden PMP caranya cukup mudah. Tinggal login ke aplikasi PMP melalui akun operator. Klik menu `Kirim Data`, dan klik menu `Backup Data`. Simpan hasil backup di tempat aman ( jangan di Local Disk C, karena jika laptop diinstal ulang, semua data di Local Disk C akan terhapus).
Nah, sekarang bagaimana cara merestore data responden PMP tersebut di aplikasi PMP baru ? Inilah langkah-langkahnya:

1. Uninstal aplikasi PMP yang telah rusak di laptop anda.
2. Instal kembali aplikasi PMP 
3. Jika aplikasi sudah terinstal, login ke aplikasi PMP seperti biasa. Selanjutnya langsung saja klik menu `Kirim Data`. Pilih menu `Restore Data`.
4. Akan muncul jendela eksplore. Cari file backup PMP di komputer. Kemudian jika sudah ditemukan klik file tersebut. Selanjutnya klik open.

5. Di jendela Restore Data, klik simpan. Akan muncul pemberitahuan bahwa file berhasil di restore. Klik Ok. Semua data responden yang telah mengisi kuisioner akan masuk ke aplikasi PMP. Refres aplikasi PMP (tekan Ctlr dan F5 Bersamaan) kemudian log out dulu dari aplikasi PMP. Kemudian login kembali. 



    Choose :
  • OR
  • To comment
2 comments:
Write komentar