Solusi Nama Peserta Didik Tidak Muncul di Menu Tukar Pengguna PMP Versi 2.1

PMP Versi 2.1 yang sejatinya bertujuan memperbaiki bug yang ada di PMP Versi 2.0 ternyata masih membawa  bug (kelemahan) yang cukup mengganggu, yaitu tidak munculnya data siswa pada menu tukar pengguna dan menu verifikasi. Akibatnya banyak OPS yang kebingungan untuk melakukan tukar pengguna dan melihat hasil konfirmasi selesai di menu verifikasi. 

Saat ini belum ada pembaharuan untuk memperbaiki bug tersebut. Namun untuk kelancaran pengisian PMP ada solusi yang dapat dilakukan sehingga pekerjaan PMP tidak menjadi terhambat. Caranya yaitu dengan menuliskan secara manual nama siswa di dalam kotak pencarian. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini;
  1. Buka aplikasi PMP, masuk ke menu tukar pengguna. Dalam kolom pilih peserta didik, jika mengklik panah kecil di sebelah kanan kotak, nama siswa tidak keluar. Solusinya tuliskan nama peserta didik yang akan diisi kusionernya di dalam kotak. Setelah nama peserta didik ditulis di kotak di sebelah bawah akan muncul nama siswa yang dimaksud. Tinggal pilih  nama siswa tersebut dan klik tukar .
  2. Selanjutnya laman PMP akan masuk ke akun pengguna yang telah dipilih tadi. Lakukan pengisian kuisioner sampai selesai. Jika telah selesai jangan lupa klik konfirmasi selesai di menu konfirmasi selesai. Untuk mengganti akun penggunan (tukar pengguna) lakukan langkah di atas kembali sampai semua siswa telah selesai mengisi kuisioner`
Selain di menu tukar pengguna, bug juga terdapat di menu verifikasi. Disini juga nama siswa tidak muncul sehinggga kita kesulitan untuk melihat siswa yang belum melakukan konfirmasi selesai. Solusinya sama yaitu dengan menuliskan secara manual satu persatu siswa yang telah mengisi kuisioner. Setelah nama siswa ditulis kemudian tekan enter.

Pengerjaan PMP harus dilakukan dengan sabar karena jika sudah diisi data yang banyak aplikasi PMP seringkali terjadi loading yang cukup lama dalam membuka menu. Jika di layar masih terjadi loading (jendela belum terbuka), jangan lakukan perintah lain/mengklik menu lain  sehingga akhirnya aplikasi PMP loading terus tanpa bisa terbuka. Jika hal ini terjadi, tutup saja aplikasi PMP dengan menutup browser yang sedang digunakan, kemudian buka kembali.

    Choose :
  • OR
  • To comment
6 comments:
Write komentar
  1. pak ko tetep ga bisa, PD tidak bisa nyalin

    ReplyDelete
  2. Coba di refresh(tekan tombol ctrl dan f5 bersamaan).

    ReplyDelete
  3. MOHON BANTUAN PD TIDAK BISA DI SALIN PADA MANAJEMEN PENGGUNA WALAUPUN SUDAH REFRESH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar nama siswa dapat disalin, tapi tidak muncul di jendela manajemen pengguna. Coba cek dulu dengan mengetikan nama satu siswa di pencarian (ketik kata kunci) dan tekan enter. Jika nama siswa yang ditulis muncul berarti di data siswa telah tersalin, hanya tidak muncul. Jika memang tidak muncu, instal ulang saja PMPnya dengan installer terbaru.

      Delete
  4. terima kasih banyak atas bantuannya!

    ReplyDelete
  5. Terimakasih, sangat membantu!

    ReplyDelete