Tips Sukses Mengirim Kuisioner PMP 2.0 Tahun 2017

Aplikasi PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) adalah  aplikasi yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) yang bertujuan untuk memotret kondisi mutu/kualitas sekolah di seluruh wilayah Indonesia. Hasil pemotretan mutu sekolah yang berbentuk raport sekolah dapat dimanfaatkan oleh sekolah atau pihak terkait dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dan mutu pendidikan Indonesia.

Aplikasi PMP berisikan kuisioner tentang penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan yang harus diisi oleh sejumlah responden diantaranya ; kepala Sekolah, guru, siswa, komite dan pengawas sekolah. Tidak semua warga sekolah mengisi responden. PMP 2.0 mensyaratkan jumlah minimal yang harus mengisi kuisioner . Jumlah syarat minimal antara jenjang atau tingkat satuan pendidikan berbeda.
Syarat Minimal Responden Untuk jenjang SD


Pengiriman PMP untuk tahun pelajaran 2017/2018 telah dibuka sejak 15 Juli 2017 dan akan berakhir sampai 30 September 2017. Namun berdasarkan pengamatan terhadap progres pengiriman PMP di situs http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ , per tanggal 12 September 2017 jam 17.15 WIB, progres pengiriman baru mencapai 11,86 % secara nasional. Padahal waktu pengiriman tersisa tinggal 18 hari lagi.

Faktor keterlambatan pengiriman PMP yang paling utama dikarenakan aplikasi PMP terintegrasi dengan dapodik sehingga pengerjaannya tidak bisa berbarengan oleh dua orang. Sekolah biasanya lebih mendahulukan pengerjaan dapodik karena berhubungan langsung dengan nasib guru dan keuangan BOS sekolah. Setelah dapodik selesai, barulah operator mengentri kuisioner PMP.

Mengingat waktu yang semakin sedikit sedangkan jumlah sekolah yang belum mengirimkan PMP masih sangat banyak (98% lebih belum mengirimkan PMP), maka dipastikan beberapa hari ke depan proses pengiriman PMP akan semakin sulit dan kemungkinan gagal kirim sangat tinggi. Oleh sebab itu diperlukan tehnik dan strategi khusus agar proses pengiriman PMP berjalan lancar,

Beberapa tips mengirimkan PMP agar sukses :
  1. Jumlah responden yang mengisi kuisioner disesuaikan dengan jumlah minimal yang diminta aplikasi.
  2. Pastikan semua prosedur pengisian dijalankan dengan benar. 
  3. Jangan menunda-nunda pengiriman PMP jika pengisian sudah selesai. Makin cepat makin baik. 
  4. Lakukan pengiriman di jam tidak sibuk, misalnya sore hari atau malam hari. Atau jika anda seorang perempuan dan sedang berhalangan, lakukan pengiriman diwaktu khusus ketika orang melakukan peribadatan seperti waktu shalat dhuhur, ashar, magrib atau shalat jum`at.
  5. Gunakan jaringan internet yang terbaik, tercepat di wilayah bersangkutan. 
  6. Perlu diperhatikan juga, semakin mendekati deadline batas pengiriman PMP dipastikan trafik pengiriman akan sangat tinggi. Usahakan mengirim PMP secepatnya..
 Itulah beberapa trik melakukan pengiriman PMP agar sukses.

Update : Batas Pengiriman data PMP diperpanjang sampai tanggal 20 Oktober 2017. Meskipun waktu diperpanjang, sebaiknya segera kirim kuisioner PMP jika telah selesai dikerjakan. Jangan menunggu deadline batas pengiriman karena makin mendekati deadline akan server akan sibuk dan sulit mengirim PMP.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar