Cara Kunci Dan Buat SPTJM Absen online

Sebagaimana telah diulas sebelumnya di artikel Pengisian Daftar Hadir Online (DHGTK Online) Menjadi Salah Satu Syarat Pencairan Tunjangan Sertifikasi , Absen DHGTK online menjadi syarat dalampencairan Tunjangan sertifikasi tahun 2018. Oleh karena itu operator sekolah harus senantiasa mengisi daftar hadir online karena jika telah lewat bulan, daftar hadir tidak bisa diisi sehingga yang tidak terisi dianggap alpha ( Namun untuk bulan Januari masih diberi toleransi dari pusat karen alasan server sehingga di awal pebruari masih bisa mengisi absen bulan Januari)

Jika absen telah terisi selama satu bulan maka diakhir bulan atau di awal bulan berikutnya operator sekolah harus mengunci absensi bulan yang telah terlewati dan mencetak SPTJM sebagai syarat Tunjangan Sertifikasi Guru. Cara penguncian dan mencetak SPTJM cukup mudah dan tidak berbelit-belit.Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di uraian di bawah ini:
  1. Masuk ke alamat DHGTK online. Ada beberapa link yang bisa digunakan diantaranaya :  http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/index.php
  2. Masuk dengan menggunakan akun kepala sekolah karena jika menggunakan akun sekolah tidak akan bisa mengunci dan mencetak SPTJM
  3. Jika sudah masuk DHGTK Online, klik dulu menu kehadiran dan teliti dengan cermat absensi selama satu bulan. Jika sudah benar kembali ke menu beranda.
  4. Selanjutnya klik menu kunci dan buat sptjm. Jika kita membuka DHGTK sudah melewati bulan yang ingin kita cetak SPTJMnya, secara default SPTJM akan ada posisi pada bulan yang masih aktif. Oleh sebab itu pilih dulu bulan sesuai tujuan, yaitu bulan yang telah terlewati, karena jika mengunci di bulan yang masih berjalan bisa berakibat fatal.
  5. Selanjutnya scrool ke bawah, lihat rekap daftar hadir apakah sudah sesuai atau belum. Jika sudah yakin sesuai dengan keadaan sebenarnya maka daftar hadir bisa dikunci. Centang persetujuan dan klik kunci daftar hadir.

  6. Selanjutnya tinggal print out SPTJM . Scrool kembali laman DHGTK ke atas. Disana ada beberapa menu. Refresh dulu dulu laman sebelum mencetak. Selanjutnya  klik menu cetak pdf, SPTJM akan otomatis didownload oleh browser. Jika download selesai, buka folder dimana hasil downoad dicetak dan jika mau cetak tinggal cetak.
  7. Demikianlah cara mengunci dan mencetak SPTJM dari DHGTK Online. Selalu cermat dan hati-hati dalam melaksanakan tiap langkah agar tidak salah. Selalu biasakan baca semua petunjuk yang ada. Selamat mencetak SPTJM.
Update : Mencetak SPTJM sekarang tidak bisa dilakukan di DHGTK V.1 tetapi harus di DHGTK V.2.

    Choose :
  • OR
  • To comment
82 comments:
Write komentar
  1. Knapa gak bisa masuk lwat acoun kepsek slalu user tidak ditmukan padahal lwat simpkb bsa masuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acount Kepsek yang digunakan untuk membuka dan mengunci absen DHGTK online adalah acount kepsek yang dientrikan di dapodik`. Sedangkan untuk masuk simpkb menggunakan acount yang berbeda.`

      Delete
    2. maaf mau tanya nie untuk pengisian DHGTK di bulan september koe tidak bisa pada hal sudah isi tapi saat simpan selalu gagal

      Delete
    3. Mungkin karena bulan september sudah terlewat. Sebaiknya pengisian absen harus dilasanakan pada bulan yang masih aktif jangan terlewat (Contohnya; absen september diisi di bulan oktober). Bahkan ada informasi, sekarang pengisian absen online harus pada minggu berjalan. Jika benar info tersebut, maka untuk minggu yang telah terlewati, tidak akan bisa diisi minggu sekarang.

      Delete
  2. gimana solusinya daftar hadir online yang terkunci padahal belum habis tanggal dari pada bulan tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Kecamatan kami kebetulan kemarian ada kasus. Operator salah satu SD salah mengunci. Niatnya mau mengunci absen Januari, yang terkunci ternyata bulan pebruari. Solusi yang diambil adalah berkoordinasi dengan admin Dinas kabupaten. Admin dinas kemudian berkoordinasi dengan admin DHGTK pusat. Sekolah hanya diminta NSPN dan User KS dan dapodik. Sekarang absennya sudah terbuka kembali.

      Delete
    2. bagaimana kalau admin dinas kabupaten belum punya akses..bisa di bantu gak pak..kebetulan kasus saya sama

      Delete
    3. bagaimana kalau admin kabupaten belum punya akses pak..

      Delete
    4. Saya tidak bisa membantu, karena membuka kunci DHGTK itu kewenangan admin Dinas kab/Prov. Justru saya sendiri heran, kok admin dinas sampai tidak tahu/belum punya akses. terkait ligin DHGTK.

      Delete
  3. Berapa lama proses ganti paswod akun PTK, karena paswod lama sudah lupa, agar bisa di pakai login user kepseknya,mohon pencerahanya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut pengalaman teman yang kebetulan kemarin akun kepseknya bermasalah, lama proses pergantian pasword dari sejak sinkronisasi di dapodik kurang lebih lima sampai tujuh hari.

      Delete
  4. maaf saya mau tanya gimana cara kunci absen online.? tdak mengerti sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di artikel telah dijelaskan langkah-lagkahnya . Silahkan baca kembali

      Delete
  5. bagaimana cara nya membuka kembali kunci DHGTK yg sudah terkunci. kepsek saya tidak sengaja mengunci yg bulan maret

    ReplyDelete
  6. saya mau cetak sptjm bulan januari. saya sudah pilih bulan januari,dan dilampiran juga sudah muncul daftar hadir bulan januari tapi di samping persetujuan ceklis kunci daftar hadir keterangannya menyatakan bahwa saya setuju daftar hadir bulan maret akan dikunci,apakah yang terkunci hanya bulan januari sesuai yg saya pilih atau benar2 bulan maret juga akan terkunci ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa-apa. Itu terjadi karena penguncian dilakukan pada bulan maret sehingga nanti titimangsa penutupn maret. Yang terpenting, pilihan bulan di atas sudah januari. Yang terkunci hanya januari

      Delete
  7. boleh minta kontak person admin pusat DHGTK pak nana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf...saya tidak memiliki kontak person admin dhgtk pusat. Coba hubungi admin dinas, barangkali mereka punya

      Delete
  8. mohon maaf pak nana sya tidak bisa membuka acount kepsek bgmn ya.sya masukan alamat email kepsek yg ada di PTK dapodik betul tidak pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah betul, usernya alamat email kepsek. Mungkin passwordnya salah tulis. Perhatikan besar kecil hurufnya. . Jika tetap tidak bisa, ganti passwordnya di dapodik, sinkron dan tunggu beberapa hari(4_6 hari)

      Delete
  9. Saya ketika mengisi dhgtk tidak pernah melihat ikon kunci daftar hadir dan cetak sptjm,padahal sudah login kepsek. mohon pencerahan bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak aneh juga jika sudah masuk dengan akun kepsek, menu Kunci dan Buat SPTJM tidak ada. Harusnya menu itu ada. Menunya berupa kotak kuning bertuliskan " Kunci Dan Buat SPTJM", tidak berbentuk ikon (gambar) kunci.

      Delete
    2. Cek lagi akun kepseknya, kalau-kalau tertukar dengan akun dapodik.

      Delete
    3. email dapodikpaud sama dengan email/user ptk, ada masalah tidak terhadap login dhgtk

      Delete
  10. saya tidak bisa mengunci daftar hadir bulan januari dan februari. sudah masuk dengan akun kepsek, sudah ikuti langkah2nya tapi tetap tidak bisa kunci absennya.. bagaimana solusinya pak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba setelah klik kunci daftar hadir yang ada di bawah, klik lagi menu kunci daftar hadir yang ada di sebelaah atas. Kemudian seteah mengunci, masuk dulu ke beranda dan kemudian masuk lagi menu ke kunci absen

      Delete
  11. Pak bisakah PLT yg mengunci daftar hadir?
    dan gmn cara mengganti akun Kepala sekoolah?
    soalnya kepsek disekolah saya pensiun di akhir januari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Di Dapodik non aktifkan kepsek yang telah pensiun dan ganti dengan PLT. Sinkron dan tunggu beberapa hari.

      Delete
  12. asslamulaikium,,proses veripikasi akun ks dari singkron proses nya berapa hari ? pa admin

    ReplyDelete
  13. maaf pak mau tanya, kalau untuk KS yang PLT bagaimana cara log in nya. saya sudah mencoba berkali-kali tapi username dan passwordnya selalu tdk terdaftar, sudah saya ganti akunnya juga masih tidak terdaftar. sehingga tidak bisa mengunci absen online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah sinkron tunggu 3-6 hari baru login lagi. JIka sudah semnggu lebih tetap tidak berhasil, hubungi admin dinas.

      Delete
    2. cara cek apakah akun ks udah bisa dipake tw belum buat kunci absen online
      ada link tw alamat cara cek nya
      terima kasih

      Delete
    3. Tidak ada. Cara ceknya langsung mencoba masuk ek DHGTK dengan akun tersebut

      Delete
  14. Cara melihat password kepsek yang dientri di dapodik bagaimana ya. Bukannya hanya email yang ada di sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang tidak bisa dilihat. Kalau lupa lebih baik ganti saja. Caranya Pilih Menu GTK, Pilih Guru, klik di ama kepsek, , pilih menu penugasan, pilih menu buat/ubah akun ptk. Selanjutnya buat password baru dan pasword yang telah dibuat dicatat supaya tidak lupa. Klik simpan dan tutup. Sinkronisasi dapodik dan tunggu 3-6 hari.

      Delete
  15. Sinkron akun ks di dapodik antara 3- 6 hari. Sinkron tgl 28 maret. Padahal tgl 31 maret harus lakukan penguncian. Apakah bisa penguncian dilakukan lebih dr tgl 31?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi absennya harus diisi(dicontreng sampai tanggal 31 maret melalui akun sekolah/dapodik)

      Delete
  16. Waduuuuhhh... lieur salah kunci lagi. Efek dari kepanikan takut keburu ga kebuka server DHGTK nya, abisnya susah banget aksesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. He,he,he.........sampai segitunya Bro....semangat!!!

      Delete
  17. Maaf pak mau tanya
    KS ku plt. akun ada dan bisa login di dhgtk. tapi menu kunci dan buat spjtm kok tidak muncul.. gimana solusinya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masalah ini saya blm bisa menjawab. Kebetulan sekolah saya juga terhitung mulai 1 april dipimpin plt kepsek, karena kepsek lama pensiun. Tapi di dapodik masih kepsek lama belum diubah, menunggu sktp keluar dulu

      Delete
  18. DGHTK nya udah berhasil dikunci, mau catak SPTJM kok gak bisa ya? padahal udah refresh juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluar dulu dari menu kunci dan cetak sptjm (kembali dulu ke beranda). kemudian klik lagi menu kunci dan cetak sptjm

      Delete
  19. sudah login kepsek tapi tidak ada sub menu kunci, bagaimana pak?? mohon pencerahan

    ReplyDelete
  20. utk log in akun kepsek pake email yg dimasukkan ke dapodik kan pak?tp knp g bsa masuk ya?data tidak ditemukan, begitu trus

    ReplyDelete
  21. Saat Saya Mau Kunci Bulan Juli 2018 kehadiran yang terbaca hanya 12 Hari padahal saya centangnya 14 Hari, mohon solusinya,,,
    Trimakasih

    ReplyDelete
  22. Itu kesalahan perekapan di sistem DHGTK pusat. Punya sekolah saya juga sama 2 hari di akhir bulan juli tidak terbaca. Tunggu saja dulu beberapa hari barangkali ada perbaikan.

    ReplyDelete
  23. assalamu'alaikum wr,wb.
    ini bagaimana cara mengisi daftar hadir online nya....dan say beberapa kali mengklik buat daftar hadir ko selalu tidak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah klik buat daftar hadir, klik refsresh.

      Delete
  24. Klo guru mengajar di 2 skolah, misal skolah A dan B.senin,slasa di skolah A dan sisanya di skolah B.gmn cara isi DHGTKnya?
    Ckup di skolah A saja ato bgmana?trimaksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Admin tidak bisa memastikan karena blum punya pengalaman seperti kasusu di atas. Tapi, coba lakukan trial n error. Coba isi sesuai jadwal di dua sekolah. Sebelum bulan berakhir, cek kehadiran ptk tersebut secara individu di menu cek data kehadiran guru (menunya sebelah atas menu login sekolah. Jika kehadiran di dua sekolah muncul, lanjutkan. Jika tidak, pengisian cukup dilakukan di satu sekolah.

      Delete
  25. Pak mohon bantuanya
    Setelah akun KS dganti setelah sinkron tgl 26 sampai sekarang kok login dhgtk menggunakan akun KS kok username dan pasword tdk dtemukan
    Bagaimana mengatasinya

    Apa mungkin aplikasinya masih dlm perbaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu saja beberapa hari ke depan . Biasanya jika akun KS atau password diganti memerlukan waktu seminggu sampai dua minggu sampai bisa login kembali.

      Delete
  26. Akun ks tdk dtmukan stlah sinkron tgl 28

    ReplyDelete
  27. bagaimana caranya gak bisa login DHGTK kepsek sudah ganti password

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu satu sammpai dua minggu. Jika ganti passworddi dapodik biasanya tidak bisa langsung masuk DHGTK ada jeda.

      Delete
  28. saya jg tidak ada menu kunci yg kata bpk bewarna kuning...knpa ya..tolong pak beri saya link yang bs bpk lihat ada menu kuncinya...terimakasih pak seblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuknya harus melalui akun kepsek. Namun DHGTK nya sekarang sedang maintenance jadi tidak bisa masuk

      Delete
  29. Punya saya SPTJM dan kunci absen tidak muncul itu bagaimana yaa mas admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. DHGTKnya sedang maintenance, dan SPTJM harus dicetak di DHGTK Versi baru. Tunggu saja, punya saya juga sama.

      Delete
  30. DHGTK versi terbarunya kapan ya keluarnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ada, tapi nampaknya masih banyak kekurangan.

      Delete
  31. Ass...Indonesia, apa sih susahnya data pendidikan dikelola satu pintu saja yakni di dapodik. faktanya sekarang memang satu pintu tapi banyak jendela, ada http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id, http://bos.kemdikbud.go.id, http ://vervalsp.data.kemdikbud.go.id, http ://vervalpd.data.kemdikbud.go.id, http://gtk.data.kemdikbud.go.id, http://sekolah.data.kemdikbud.go.id, http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id, http://simpkb.id dan http://sarpras.dikdasmen.kemdikbud.go.id. kalo aplikasi dan sistem saja bisa eror, lama-lama operatornya yang eror, hasilnya defisien. pintarlah indonesiaku....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Sepertinya mereka senang sekali membikin alamat2 baru di internet, tapi tidak untuk pemeliharaan. Contoh saja info gtk. Situs ini tiap awal triwulan selalu saja bermasalah. Data guru yang tahun kemarin baik2 saja tiba2 tidak valid. Seharusnya hal2 seperti itu harus jadi perhatian, karena terjadi tiap awal triwulan.

      Delete
  32. Maaf nih Pak Nana,masih pemula.saat sya klik Login sekolah muncul tampilan isian.nah yg plg bawah ada 2 pilihan klik,,1 yg sign in stu lg login gtk v1. Mksd dri msg2 apa Pak mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. DHGTK sekarang ada dua versi. Jika langsung login, itu masuknya ke dhgtk versi baru. Jika mengklik tulisan dhgtk V.1 di bawah itu masuk ke dhgtk versi lama.

      Delete
  33. It’s good to read such interesting stuff on the Internet as I have been able to discover here. I agree with much of what is written here and I’ll be coming back to this website again. Thanks again for posting such great reading material!! To get new information


    Angelina



    ReplyDelete
  34. Mau nanya Pa, ko SPTJM nya saya untuk bulan Juli 2018 waktu mau cetak data PTK & kehadiran tidak ada. Padahal untuk bulan yang lain ada Pa. Mohon penjelasan penyebab & solusinya Pa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk semester sekarang, dhgtk online belum dijadikan dasar penerbitan SKTP, karena server dhgtk belum stabil dan masih banyak eror.

      Delete
  35. Pak Nana,dhgtk v1 msh maintenance ya?

    ReplyDelete
  36. Iya, atau mungkin sudah ditutup diganti dengan dhgtk V.2.

    ReplyDelete
  37. saya mengisi dghtk, bulan oktober, november 2018 kenapa sptjm tidak terbaca jumlah hari kerja


    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengisinya kapan?...sekarang atau sesuai bulan? Kalau mengisi sekarang tidak akan terbaca karena mengisi absen jangan ditunda. Oktober ya oktober, novemver ya november.

      Delete
  38. Knapa saya tidak bisa mengunci absen online yg januari 2019 ya..?

    Apakah karena dapodik online nya baru saya aktifkan

    ReplyDelete
  39. saya sdh isi daftar hadir tetapi pada saat ingin melihat rekap bulanannya tidak ada yg muncul jumlah kehadirannya, malah garis datar saja? mohon pencerahannya....
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melihat rekap bulanannya jangan langsunng, tunggu satu atau dua hari setelah isi daftar hadir. Jika telah satu atau dua hari masih tetap kosong, berarti entri daftar hadir tidak tersimpan. Ulangi lagi pengisian daftar hadir dengan benar

      Delete
  40. Saya mengisi absen dhgtk nya lewat bulan... Saya mengisi absen bulan mei du bulan juni.. Itu gimana ya.. 😭

    ReplyDelete