Cara Mengisi Peta koordinat (Lintang Dan Bujur) GTK dan Siswa Di Dapodik Versi 2018.b

Dapodik Versi 2018 telah resmi dirilis resmi oleh Admin Dapodikdas pusat pada tanggal 31 Januari 2018. Ada banyak perbaikan dan pembaharuan di dapodik versi 2018. Ada juga penambahan menu pengisian kelengkapan biodata GTK dan Peserta Didik.. Satu diantaranya adalah harus mengisi garis bujur dan lintang rumah GTK dan Peserta Didik.

Terbayang kan beratnya pekerjaan ini? Mending jika misalnya jumlah muridnya sedikit atau siswanya sudah setingkat SLTP atau SLTA. Kita tinggal menyuruh mereka mencari titik kordinat rumahnya sendiri. Operator tinggal mengentrikan di dapodik.  Jika muridnya murid SD dan jumlahnya banyak, asanya tak mungkin untuk menyuruh murid menetukan sendiri letak koordinat rumahnya. Jadi disini diperlukan kerjasama antara operator sekolah dengan para wali kelas untuk  berbagi tugas. 

Dalam hal ini, operator sekolah juga harus menentukan skala prioritas. Menurut saya, pengisian titik koordinat guru dan peserta didik adalah prioritas kedua. Yang terpenting lengkapi data guru seperti pembelajaran, jadwal pelajaran, keaktifan, mutasi siswa dll . Lakukan sikron jika data-data penting guru dan siswa telah beres. Hal lain seperti letak koordinat, data peridik siswa, perbaikan data rinci sarparas bisa dilanjut setelah sinkron. 

Kembali ke pembahasan pengisian peta koordinat guru dan peserta didik, ada banyak tehnik yang bisa dilakukan. Silahkan isi berdasarkan pilihan tehnik masing-masing. Dibawah ini akan diuraikan cara pengisian titik koordinat guru dengan cara yang menurut saya cukup mudah. Syaratnya laptop/komputer harus tersambung dengan jaringan internet. Berikut langkah-langahnya :
  1. Buka dapodik seperti biasa. Pilih GTK kemudian pilih guru. Klik guru yang ingin diisi titik koordinat rumahnya kemudian klik ubah.
  2. Scrool ke bawah sampai di lokasi pengisian titik koordinat. Klik menu Buka Peta Koordinat. 
  3. Akan muncul Maps dengan posisi awal di DKI Jakarta. Perbesar dulu jendela peta koordinat dengan mengklik tanda panah di sudut atas sebelah kanan jendela peta.

  4. Jika anda bukan orang DKI Jakarta, pindahkan dulu lokasi pencarian ke tempat yang sesuai. Kecilkan dulu peta dengan mengklik tanda min yang ada di pojok sebelah bawah kiri peta.
  5. Kecilkan sampai lokasi kita terlihat. Posisikan daerah /lokasi  kita di tengah-tengah peta.
  6. Perbesar peta sedikit demi sedikit sambil terus fokus pada daerah yang ingin kita cari. Mula- mula fokus pada nama kota/kabupaten tempat kita tinggal, kemudian kecamatan dan desa. Akan sangat mudah jika di peta ada penanda yang sudah diberi identitas, misalkan mesjid, balai desa, hotel, rumah sakit dll yang dekat dengan  rumah orang yang dicari.
  7. Jika peta sudah berada pada posisi yang lebih detil, ubah peta menjadi mode satelit dengan mengklik menu satelit di sebelah atas kiri.
  8. Perbesar peta sampai titik maksimal dan biarkan guru yang bersangkutan menentukan lokasi rumahnya. 
  9. Jika sudah merasa yakin klik di atas rumah yang dipilih, kemudian klik simpan dan tutup jendela. 
  10. Kemudian klik simpan sekali lagi sehingga titik koordinat tersebut tersimpan di dapodik.
  11. Pencarian titik koordinat rumah selesai.
Pencarian titik koordinat tempat tinggal cukup mudah jika di lokasi tempat tinggal yang bersangkutan sudah banyak tempat umum yang diberi penanda. Pencarian di atas akan susah dilakukan jika lokasi tempat tinggal guru atau siswa berada di daerah yang jarang penduduknya karena kadangkala posisi rumah tidak terlihat terhalang pepohonan. Ditambah lagi, jika tidak ada tempat umum yang sudah diberi penanda, akan semakin susah lagi. Satu-satunya cara harus pergi ke lokasi rumah tersebut dan menentukan titik kordinat rumah dengan maps di hp android atau alat khusus.

Jika peta koordinat tidak bisa dibuka di dapodik karena eror, maka kita harus membuka google maps atau google earth untuk menentukan titik koordinat rumah peserta didik. Caranya sebagai berikut :

  1. Masuk Google Maps  di alamat : https://www.google.com/maps/. Di kotak pencarian tulis nama desa tempat tinggal peserta didik/guru kemudian tekan enter. Ciutkan panel pencarian dengan mengklik tanda panah.
  2. Ubah mode peta dengan mengklik kolom satelit di pojok kiri bawah. Posisikan lokasi pencarian di tengah-tengah. Perbesar peta dengan mengklik tanda tambah (+) sampai mentok. 
  3. Cari lokasi rumah guru/anak dengan teliti dengan memperhatiakan penanda yang ada misalnya mesjid atau tempat umum lainnya.. Jika tidak tahu lokasi rumah guru/anak, bisa mengajak guru/anak bersangkutan untuk menunjukan lokasi rumahnya. Jika sudah ditemukan klik di atap rumah yang dimaksud. Akan muncul kotak yang berisi informasi lintang dan bujur beserta nama desa, kecamatan, kabupaten dan propinsi. Tulis garis lintang dan bujur yang muncul dan kemudian masukan ke dapodik.

    Choose :
  • OR
  • To comment
8 comments:
Write komentar
  1. Mhn pencerahaan apa tujuan utama mencantumkan titik koordinat pada dapodik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penentuan titik koordinat siswa berkaitan dengan sistem zonasi yang diterapkan pemerintah.

      Delete
  2. Gunakan my google map akan lebih mudah dan spesifik

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya, mudahdipahami.

    Kalau berkenan, kunjungi website kampus saya di : http://www.atmaluhur.ac.id
    dan website pribadi saya di : https://ferafe.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  4. Jika ada orng tua yabg menanyakan tujuan mengirim titik Kordinat ini.. bagaimana menjawab???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengisian titik koordinat di dapodik bertujuan untuk kelengkapan data siswa dan pemetaan lokasi tempat tinggal siswa. Pemetaan Ini berkaitannya dengan sistem zonasi yang digunakan dalam aturan PPDB 2018.

      Delete
  5. Maaf bapak ibu apa tidak ada kemungkinan utk disalahgunakan
    Saya kok jadi takut ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. basic na sih ini program pemerintah, gk ada yg harus d takutin, tp klo masih takut juga dan gk mau ngisi, mungkin pindah ke sekolah yg di naungi depag bisa jd solusi

      Delete