Panduan Penskoran dan Penilaian USBN SD/MI Tahun 2018

Ada sedikit yang berbeda dalam pelaksanaan USBN SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018. Perbedaannya adalah, jika pada USBN tahun sebelumnya soal yang diberikan hanya berupa pilihan ganda saja, sekarang ditambah dengan soal essay atau uraian.  Jumlah soal essay untuk tiap mata pelajaran ada 5 butir soal.  Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Mata Pelajaran  yang USBN dan jumlah butir soal tiap mata pelajaran
Setiap soal pilihan ganda memiliki skor nilai 1 jika jawaban benar dan 0 jika jawaban salah. Sedangkan soal uraian  memiliki skor nilai yang berbeda-beda untuk tiap nomornya tergantung kompleksitas soal. Bobot nilai pilihan ganda dalah 80 % sedangkan essay 20%. 

Contoh : Seorang siswa mengikuti USBN Matematika. Dalam Pilihan ganda, siswa tersebut memperoleh jumlah skor benar  26. Nilai akhir untuk siswa tersebut adalah :

Untuk soal essay, tiap soal memiliki bobot yang berbeda-beda. Untuk pembobotan ini telah ditetukan oleh pembuat soal sehingga peilai tidak perlu membuat pembobotan sendiri. Pedoman untuk penskoran butir soal uraian antara lain:
  1. Penskoran dilakukan pernomor soal yang sama untuk semua jawaban peserta supaya konsisten.
  2. Jawaban Peserta Ujian dicocokan berdasarkan pedoman penskoran (Untuk Objektif, benar = 1, salah = 0, Untuk Non Objektif Skor disesuaikan antara kualitas jawaban peserta dan kriteria jawaban, dalam pedoman sudah ditentukan skor untuk tiap tingkatan kualitas jawaban).
  3. Menghitung jumlah skor perolehan peserta ujian pada setiap nomor butir soal.
  4. Apabila dalam satu tes terdapat lebih dari satu soal uraian, setiap soal uraian diberikan bobot dengan membandingkan semua soal yang ada dengan melihat kedalaman materi, kompleksitas, dan tingkat kognitif yang diukur
Rumus penilain tiap butir soal adalah : 
Contoh penghitungan skor nilai soal uraian :


Nilai akhir untuk soal uraian adalah :
Selanjutnya kedua nilai tersebut digabungkan sehingga diperoleh nilai akhir untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah :

    Choose :
  • OR
  • To comment
1 comment:
Write komentar
  1. Mengapa perbandingannya 80 % : 20 % untuk penentuan nilai akhir mata pelajaran.. mohon penjelasannya. Mksh🙏🏻

    ReplyDelete